Selasa 04 Jul 2023 16:25 WIB

Moonjoongki, Pernah Kena Tipu Hingga Punya Lebih dari 300 Karyawan

Bisnis utama Moonjongki menyediakan layanan digitalisasi bagi UMKM Indonesia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Layanan digital (ilustrasi). Moonjoongki mendirikan Buatinwebsite.com yang menawarkan layanan pembuatan toko daring dan situs web dengan harga terjangkau.
Foto: www.freepik.com
Layanan digital (ilustrasi). Moonjoongki mendirikan Buatinwebsite.com yang menawarkan layanan pembuatan toko daring dan situs web dengan harga terjangkau.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Muhammad Ongki atau lebih dikenal sebagai Moonjoongki menjadi salah satu sosok yang menginspirasi anak muda di Indonesia. Pria muda kelahiran Jakarta pada 2 Oktober 1997 ini menunjukkan kesuksesan sebagai entrepreneur dan juga gamers.

Dengan latar belakang pendidikan di bidang Computer Science, Ongki meraih kesuksesan pada usia yang masih sangat muda. Moonjoongki memulai perjalanan bisnisnya dengan fokus pada digitalisasi UMKM.

Baca Juga

Ia mendirikan Buatinwebsite.com, sebuah perusahaan yang bertujuan membantu pengusaha UMKM kecil dan menengah untuk memasuki dunia digital. Melalui Buatinwebsite.com, Ongki menawarkan layanan pembuatan toko daring dan situs web perusahaan dengan harga terjangkau.

Namun, perjalanan bisnis Moonjoongki tidak mudah. Pada awalnya, ia dan rekannya, Rizki Septiyanto W menghadapi tantangan berupa penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun, kejadian tersebut tidak membuat semangat mereka pudar. Mereka terus berjuang dan membangun bisnis digital agency mereka dengan tekad yang kuat.

Moonjoongki tidak hanya pandai dalam berbisnis, tetapi juga memiliki strategi pemasaran yang kreatif. Awalnya, ia berjualan melalui platform Facebook dengan menggunakan nama "Muhammad Ongki". Namun, karena penjualan di Facebook tidak stabil, Moonjoongki memutuskan untuk beralih ke Instagram.

Dengan akun Instagram @hi_moonjoongki, Moonjoongki berhasil membangun kehadiran daring yang kuat. Saat ini, ia telah memiliki lebih dari 88 ribu pengikut yang setia mengikuti perkembangannya. Popularitasnya yang terus meningkat membuatnya menjadi sosok yang sangat populer di kalangan anak muda di Indonesia.

"Kunci sukses berbisnis itu tekun dan banyak berdoa, selalu respons pembeli yang bertanya dan ramah pada pembeli," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (4/7/2023).

Keberhasilan Moonjoongki tidak hanya terlihat dari jumlah pengikutnya yang melonjak, tetapi juga dari dampak yang dihasilkan. Meskipun usianya masih sangat muda, Moonjoongki mampu membangun tim yang terdiri atas lebih dari 300 karyawan. Prestasinya ini menjadi inspirasi bagi anak muda untuk berani bermimpi dan menggapai kesuksesan di bidang bisnis.

Bisnis utama Moonjoongki, yaitu Buatinwebsite.com menyediakan layanan digitalisasi yang terjangkau bagi UMKM di Indonesia. Kini, Buatinwebsite.com telah menjadi perusahaan yang sangat terkenal di kalangan pengusaha UMKM. Dengan komitmen yang tinggi terhadap inovasi dan pelayanan berkualitas, Moonjoongki dan rekannya, Rizki Septiyanto W, terus berupaya membantu pergerakan ekonomi Indonesia dengan memajukan sektor UMKM melalui digitalisasi.

Moonjoongki bukan hanya sekadar entrepreneur sukses, tetapi juga seorang yang ingin berbagi inspirasi dengan generasi muda. Melalui kisah suksesnya, ia berharap dapat menjadi teladan bagi para pemuda dan pemudi Indonesia untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka sendiri. Dengan fokus pada digitalisasi UMKM, Moonjoongki memiliki misi besar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan mendorong UMKM menuju masa depan yang lebih cerah.

Moonjoongki, sosok yang dikenal sebagai Muhammad Ongki membuktikan, usia bukanl penghalang untuk meraih kesuksesan. Melalui bisnis Buatinwebsite.com, semangat Moonjoongki menjadi inspirasi bagi anak muda yang bermimpi untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement