Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kristiani Utomo

10 Fakta tentang Hari Anak di Seluruh Dunia

Sejarah | Friday, 21 Jul 2023, 00:29 WIB
Photo by Guduru Ajay bhargav: https://www.pexels.com/photo/boy-wearing-green-crew-neck-shirt-jumping-from-black-stone-on-seashore-939702/
Photo by Guduru Ajay bhargav: https://www.pexels.com/photo/boy-wearing-green-crew-neck-shirt-jumping-from-black-stone-on-seashore-939702/

Hari Anak adalah adalah momen istimewa yang ditujukan untuk menghargai dan memberikan perhatian khusus kepada anak-anak sebagai harapan masa depan bangsa. Pada Hari Anak, negara mengakui hak-hak anak, melindungi kesejahteraan mereka, dan merayakan potensi yang dimiliki oleh setiap anak.

Di Indonesia sendiri Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Peringatan Hari Anak Nasional berasal dari tekad kuat pahlawan Indonesia yang peduli akan nasib generasi mendatang. Dalam perkembangannya dari masa ke masa, peringatan ini mengalami berbagai transformasi dan inovasi dalam upaya mencapai tujuan mulia tersebut. Tokoh-tokoh berpengaruh telah memainkan peran penting dalam mengangkat pentingnya hak anak-anak dan mewujudkan perayaan yang lebih bermakna.

Berbagai acara dan kegiatan menarik diadakan dalam peringatan ini untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bersenang-senang, belajar, dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat. Dampak dari peringatan ini sangat besar, tidak hanya bagi anak-anak, tetapi juga bagi masyarakat secara keseluruhan. Berikut adalah 10 fakta menarik yang dikutip dari Twinkl, tentang bagaimana Hari Anak dirayakan di seluruh dunia.

Fakta tentang Hari Anak di Jepang

Di Jepang, Hari Anak (Kodomo No Hi) adalah hari libur nasional yang dirayakan pada hari kelima di bulan kelima (5 Mei). Keluarga-keluarga mengibarkan koinobori bendera khusus berbentuk ikan mas / ikan koi di luar rumah mereka, yang mewakili anggota keluarga.

Fakta tentang Hari Anak di Mexico

Di Meksiko, Hari Anak atau El Dia Del Niño dirayakan pada tanggal 30 April. Ada suasana pesta di seluruh negeri dengan permainan, musik, dan acara khusus yang diadakan di sekolah, museum, dan taman.

Fakta tentang Hari Anak di Turki

Di Turki, Hari Anak dirayakan dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk merasakan pengalaman menjalankan negara selama sehari. Anak-anak memerankan berbagai posisi di parlemen Turki dan bahkan memilih presiden yang berpidato di TV!

Fakta tentang Hari Anak di Australia

Di Australia, Hari Anak dirayakan selama satu minggu penuh di bulan Oktober. Mereka merayakan hak-hak dan pencapaian semua anak dan berfokus pada tema 'A Caring World Shares'.

Fakta tentang Hari Anak di Cina

Di Cina, Hari Anak adalah hari libur nasional yang dirayakan pada tanggal 1 Juni. Sebagai bentuk perayaan, banyak tempat hiburan, seperti bioskop dan taman, menawarkan tiket masuk gratis untuk anak-anak pada hari spesial ini. Pesta diadakan di seluruh pelosok negeri dan hadiah diberikan kepada anak-anak.

Fakta tentang Hari Anak di Finlandia

Di Finlandia, fokus Hari Anak adalah tentang membuat pilihan yang lebih baik dan bekerja sama. Ada lokakarya untuk keluarga yang membahas tema-tema perundungan dan menciptakan waktu keluarga yang berkualitas.

Fakta tentang Hari Anak di Inggris

Negara Inggris merayakan Hari Anak pada tanggal 1 Juni. Fokusnya adalah pada pentingnya masa kecil yang sehat dan hak-hak serta kebebasan anak-anak. Acara-acara diadakan di seluruh negeri di sekolah-sekolah dan sering kali bertema luar ruangan.

Fakta tentang Hari Anak di Kamboja

Di Kamboja, Hari Anak berfokus untuk mendukung semua anak di negara ini dan menjaga mereka tetap aman dan sehat. Badan amal menyediakan makan siang gratis dan barang-barang berguna seperti peralatan sekolah dan pakaian disumbangkan.

Fakta tentang Hari Anak di India

Di India, Hari Anak diperingati pada tanggal 14 November, yang merupakan hari ulang tahun dari Pandit Jawaharlal Nehru - perdana menteri pertama India. Beliau terkenal akan kecintaannya pada anak-anak, melihat mereka sebagai masa depan bangsa. Sekolah-sekolah merayakannya dengan mengadakan banyak acara yang menyenangkan dan banyak guru yang menampilkan lagu dan tarian untuk para murid mereka.

Fakta tentang Hari Anak di Brasil

Di Brasil, Hari Anak dirayakan pada tanggal 12 Oktober, hari yang sama dengan perayaan keagamaan Bunda Maria Aparecida. Anak-anak diberi hadiah dari keluarga mereka dan menghadiri acara-acara khusus. Hari ini juga merupakan waktu ketika badan amal menyoroti kebutuhan untuk mendukung anak-anak yang hidup di jalanan Brasil.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image