Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image jok

Begini 7 Langkah Agar Wisata Akhir Tahun Kalian tidak Ambyar

Wisata | Wednesday, 20 Dec 2023, 09:38 WIB
Ke manapun tujuan wisata kalian, aspek keamanan dan keselamatan wajib jadi prioritas. Foto: Istock via japantimes.co.jp.

LIBUR akhir tahun kian mendekat. Sebagian orang mungkin telah menyiapkan rencana untuk melakukan perjalanan wisata ke sebuah atau sejumlah tempat.

Terlepas ke manapun tujuan wisata kalian, aspek keamanan dan keselamatan wajib jadi prioritas.

Berikut hal-hal yang perlu jadi bahan perhatian agar aktivitas wisata kalian aman dan menyenangkan.

1] Lakukan riset

Kenali tujuan secara mendalam sebelum tiba di lokasi. Baca ulasan wisatawan sebelumnya. Pastikan untuk mendapatkan informasi tentang terkait tempat menginap dan hal-hal lainnya yang mendukung aktivitas wisata kalian.

2] Jangan menarik perhatian

Orang-orang yang terlihat seperti orang luar kota sangat rentan terhadap kejahatan. Jadi, cobalah berbaur sebanyak mungkin dengan penduduk lokal. Pilih pakaian yang tidak mencolok yang tidak akan menarik perhatian orang lain. Gunakan pakaian dan tas yang akan mempersulit pencopet untuk mencuri uang dan barang-barang pribadi lainnya yang kalian bawa.

3] Membuat salinan dokumen penting

Kalian tidak pernah tahu kapan memerlukan salinan sejumlah dokumen saat sedang di perjalanan atau di lokasi wisata. Pindai sejumlah dokumen penting dan simpan secara online dan cetak beberapa lembar. Dengan begitu, kalian tidak akan kesulitan menemukan dokumen tepat jika diperlukan.

4] Kontak dengan kerabat

Informasikan perjalanan kalian kepada kerabat yang terpercaya yang dapat memantau keberadaan kalian.

5] Berhati-hatilah dengan Wi-Fi publik

Hindari menggunakan fasilitas Wi-Fi publik. Peretas bisa dengan gampang mencuri informasi berharga dari perangkat kalian, termasuk nomor kartu kredit atau nomor rekening bank. Jika memang membutuhkan layanan Internet nirkabel, siapkan jaringan pribadi virtual (VPN) yang memungkinkan kalian mengakses Internet dengan aman di tengah perjalanan.

6] Lindungi kamar hotel

Meski hotel atau penginapan telah memiliki sistem dan prosedur keamanan. Jangan sepenuhnya mengandalkan keamanan pihak luar. Ambil langkah pengamanan pribadi pula. Misalnya, cobalah untuk memberi kesan bahwa kalian selalu berada di kamar penginapan, bahkan saat pergi. Misalnya, dengan memasang tanda 'Jangan Ganggu' di bagian luar pintu. Jangan biarkan orang asing masuk ke kamar kalian, meskipun mereka mengatakan bekerja untuk hotel. Kalian selalu dapat menghubungi front office hotel untuk memeriksa apakah seseorang diperintahkan oleh staf hotel untuk datang ke kamar kalian.

7] Waspadai lingkungan sekitar

Awasi barang-barang pribadi kalian setiap saat dan waspada saat berbicara dengan orang asing. Sebagian besar kesenangan bepergian adalah kesempatan yang diberikannya untuk bertemu orang baru dan belajar tentang budaya mereka. Namun, jika seseorang di dekat kalian bertingkah mencurigakan, atau jika merasa tidak nyaman, segera putuskan untuk meninggalkan area tersebut.

Selain langkah-langkah tersebut, mengambil asuransi wisata dapat pula kalian lakukan untuk menjamin aktivitas wisata akhir tahun kalian aman dan menyenangkan.***

--

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image