Kamis 08 Aug 2024 10:19 WIB

Video Haru Sopir Taksi Nyaris Pingsan Diduga Kena Angin Duduk, Ditolong Sesama Sopir

Sopir taksi yang nyaris pingsan diduga mengalami angin duduk.

Red: Qommarria Rostanti
Sopir taksi yang nyaris pingsan ditolong rekan sejawat.
Foto: Dok. Tiktok/@moesang88
Sopir taksi yang nyaris pingsan ditolong rekan sejawat.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA — Video sopir taksi Blue Bird yang diduga mengalami angin duduk viral di media sosial. Dalam video yang pertama kali diunggah oleh akun Tiktok @moesang88 sekitar dua hari lalu itu terlihat seorang sopir taksi bernama Zainal yang hampir pingsan. Di sebelahnya, berdiri rekan sesama sopir taksi bernama Samsuri yang berusaha menolong agar Zainal tetap sadar.

“Sopir taksi lagi masuk angin berat, mau pingsan, di Km 25 jalan tol JORR, kondisi sangat ramai sekali, bapaknya dibantu sopir taksi lain, sambil nunggu emergency dari Blue Bird pusat,” ujar si perekam video dari kursi penumpang. 

Baca Juga

Yang membuat haru, Samsuri terus memberikan pertolongan pertama dengan memberikan minyak angin dan dan menggosok tubuh korban. Terlihat juga Samsuri menolong dan memberikan semangat hingga menangis kepada Zainal agar bertahan. “Udah, sehat, enak? Sehat, sehat, kuat, kuat, kuat,” kata Samsuri. 

Si perekam video menjelaskan kronologi singkat hingga sopir hampir pingsan. “Karena kondisi mobil ban pecah, gara-gara ganti ban pecah, sopir taksi kelelahan,” kata dia.

Hingga berita ini dibuat, video tersebut sudah ditonton hingga 7,8 juta kali dengan lebih dari 20 ribu komentar. Banyak yang menduga Zainal mengalami angin duduk. 

“Jadi inget bapakku dulu kena angin duduk. Keluarga gak menyadari termasuk aku, kenapa langsung sesak napas, alhasil dilarikan ke UGD terdekat aku yang nganter, nyawanya gak ketolong, baru tau,” kata akun @achmadsyahr***_.

Ada juga akun @userrinia*** menuliskan, “Ya Allah ibuku meninggal karena masuk angin duduk yang imbasnya ke jantung koroner, untuk bapak sopir taksi semoga cepat sembuh ya bapak @userrinia***”.

“Dulu sopir saya meninggal waktu muat batu bara masuk angin duduk akun,” @santosaver***.

“Bapak yang menolong nampak banget tulusnya, semoga semuanya sehat,” ujar akun @rinina***.

“Lihat betapa khawatir teman sejawatnya melihat rekannya dalam kondisi seperti itu semoga selalu diberikan keberkahan dan umur panjang ya Pak, pihak Blue Bird tolong apresiasi untuk bapak yang menolong,” kata akun @exa.***.

Apa sebenarnya yang dimaksud angin duduk?

Dikutip dari Pusat Data Republika, rasa nyeri yang timbul di bagian dada tak jarang dianggap sebagai penyakit angin duduk oleh masyarakat pada umumnya. Padahal, penyakit yang dikenal dengan angin duduk tersebut bisa jadi merupakan pertanda dari penyakit berbahaya yaitu serangan jantung.

Dr Maizul Anwar SpBTKV mengatakan serangan jantung yang kerap disangka sebagai angin duduk ini diawali dengan rasa nyeri di bagian dada disertai dengan sesak napas. Dia menyebut, rasa nyeri dan sesak napas ini, biasanya akan terasa ketika penderita berada dalam posisi berdiri atau telentang. Akan tetapi, penderita akan merasa sistem pernapasannya membaik ketika berada dalam posisi duduk.

"Sehingga masyarakat mengatakannya sebagai angin duduk," ujarnya.

Oleh karena itu, Maizul menyarankan agar masyarakat lebih waspada ketika mengalami gejala-gejala serangan jantung yang seringkali dikenal sebagai angin duduk ini. Masyarakat perlu lebih waspada jika gejala tersebut disertai dengan keringat yang banyak. "Dianjurkan ke rumah sakit, apalagi kalau sudah disertai dengan keringat yang banyak dan sesak napas," kata dr Maizul.

Berikut video sopir taksi yang diduga mengalami angin duduk ketika diberikan pertolongan oleh temannya:

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement