Rabu 05 Apr 2023 04:17 WIB

Nyeri di Payudara Sebelah Kiri, Pertanda Apa?

Jangan diabaikan jika payudara sebelah kiri terasa nyeri.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Mamografi (Ilustrasi). Jangan abaikan jika payudara sebelah kiri terasa nyeri berulang.
Foto:

Masalah pernapasan juga bisa menjadi penyebab nyeri dada sebelah kiri. Kondisi seperti pneumonia atau bronkitis dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan di area dada, terutama di sisi kiri.

Emboli paru atau penggumpalan darah di paru-paru juga bisa menyebabkan nyeri dada yang terlokalisasi di sisi kiri. Dikutip dari Indian Express, Selasa (4/4/2023), ahli jantung Rumah Sakit Sharda dr Subhendu Mohanty mengatakan nyeri pleuritik, muskuloskeletal, dan benjolan payudara dapat muncul di kedua sisi dan tidak secara khusus di sebelah kiri.

"Jadi ungkapan rasa sakit yang tajam di sebelah kiri ini tidak cocok dengan penyakit tertentu apa pun. Setiap nyeri dada yang berulang dan menyebabkan ketidaknyamanan harus dievaluasi oleh dokter jantung," kata dia.

Meskipun ada beberapa kemungkinan penyebab nyeri dada kiri yang tidak terkait penyakit jantung, para ahli mengingatkan bahwa penting untuk dicatat  masalah yang berhubungan dengan jantung tidak boleh dikesampingkan. Setiap kali seseorang mengalami nyeri dada, terutama jika disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, berkeringat, atau mual, mereka harus segera mencari pertolongan medis.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement