Rabu 22 Nov 2023 17:53 WIB

Psikolog Ungkap Hal yang Dibutuhkan Anak di Usia Golden Age

Pendampingan orang tua selama periode emas anak harus terus dilaukan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Geum Ji Eun di episode Golden Kids.
Foto: Tangkapan layar
Geum Ji Eun di episode Golden Kids.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Viralnya tayangan realitas Korea Selatan "My Golden Kids" membuat banyak orang semakin sadar mengenai pentingnya periode golden age. Banyak warganet sadar pengasuhan di masa itu tak boleh disepelekan.

Golden age atau periode emas merupakan tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada masa awal kehidupan anak. Ada yang menyebutnya ada di rentang nol sampai lima tahun, enam tahun, atau tujuh tahun.

Baca Juga

Dalam "My Golden Kids" episode ke-169 yang menjadi viral, yang jadi sorotan adalah balita lelaki empat tahun bernama Geum Ji Eun. Warganet menyayangkan cara ayah dan ibunya menghadapi tingkah bocah itu.

Salah satunya, momen ketika ibu Geum Ji Eun menyepelekan minat putranya. Juga, ketika ibunya tidak memberikan perhatian yang cukup karena kelelahan setelah bekerja dan mengurus adik Geum Ji Eun yang masih bayi.

Dikutip dari laman Healthline, Rabu (22/11/2023), psikolog berlisensi Juli Fraga yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat, menjelaskan sejumlah hal yang dibutuhkan anak dari orang tua di tujuh tahun pertama kehidupannya. Menurut Fraga, periode itu penting, meski juga bukan 'segalanya'.

Sebab, Fraga berpendapat pendampingan orang tua dalam perkembangan anak harus terus dilakukan, bahkan hingga anak beranjak remaja dan dewasa. Setidaknya, tujuh tahun pertama kehidupan punya arti penting dalam mengembangkan keterampilan sosial anak.

"Seperti banyak aspek dalam mengasuh anak, tidak ada hitam atau putih. Meskipun menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak kita sangatlah penting, kondisi yang tidak sempurna seperti trauma dini, penyakit, atau cedera tidak selalu menentukan kesejahteraan anak kita secara keseluruhan," tutur Fraga.

Otak manusia berkembang pesat....

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement