Senin 22 Jan 2024 19:45 WIB

Tewaskan Dokter Kecantikan, Apa Ciri-Ciri Kebocoran AC Mobil?

Keracunan refrigeran bisa menjadi kondisi yang fatal atau mematikan dalam 72 jam.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Dashboard mobil. Sedikit lubang pada sistem AC bisa membuat refrigeran dalam bentuk gas ini bocor dan masuk ke dalam mobil.
Foto:

Kiat Mencegah Keracunan Refrigeran

WebMD menganjurkan orang-orang untuk mengecek kebocoran sistem AC secara berkala. Bila menemukan adanya aroma atau bau yang tak biasa, segera hubungi teknisi profesional untuk melakukan pengecekan.

Selain itu, TiresPlus juga mengungkapkan beberapa tanda yang bisa muncul saat kebocoran AC terjadi. Salah satu di antaranya adalah AC mobil mengembuskan udara yang terasa hangat.

Tanda lainnya adalah terdengar bunyi clicking ketika AC mobil dinyalakan. Pemilik mobil juga bisa mewaspadai kebocoran AC melalui tanda peringatan pada dashboard mobil. Akan tetapi, tak semua mobil memiliki tanda peringatan ini.

Sebagai tambahan, Automovill mengungkapkan bahwa kebocoran AC juga bisa memunculkan tanda seperti aliran udara yang lemah dari AC mobil. Selain itu, AC mobil juga dapat mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

"Ini terjadi karena kebocoran freon bisa menyebabkan kelembapan menumpuk di sistem AC, yang memicu tumbuhnya jamur dan memunculkan bau-bau tersebut," ujar Automovill.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement