Senin 08 Jul 2024 16:45 WIB

Radhika Merchant, Calon Mantu Keluarga Terkaya India Ternyata Sahabat Kecil Anant Ambani

Keluarga Anant Ambani dan Radhika Merchant sama-sama dari kalangan pengusaha.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Anant Ambani (kanan) dan Radhika Merchant (kiri). Radhika Merchant yang merupakan calon istri Anant Ambani rupanya juga anak dari pengusaha sukses di India.
Foto: Dok. EPA-EFE/DIVYAKANT SOLANKI
Anant Ambani (kanan) dan Radhika Merchant (kiri). Radhika Merchant yang merupakan calon istri Anant Ambani rupanya juga anak dari pengusaha sukses di India.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Radhika Merchant tengah menjadi sorotan seiring kabar pernikahannya dengan Anant Ambani. Anant yang merupakan anak dari orang terkaya ke-9 di dunia versi Forbes, Mukesh Ambani, akan mempersunting Merchant pada 12 Juli 2024 setelah menggelar sejumlah pesta pranikah yang mewah.

Lantas siapakah Radhika Merchant? Perempuan kelahiran 18 Desember 1994 ini rupanya juga anak dari pengusaha sukses India. Merchant adalah putri dari Viren dan Shaila Merchant, yang mendirikan perusahaan farmasi global Encore Healthcare pada tahun 2002.

Baca Juga

Setelah menerima gelar sarjana muda internasional dari BD Somani International School di Mumbai, Merchant lulus dari New York University pada tahun 2017 dengan gelar sarjana di bidang ilmu politik. Selama kuliah di NYU, Merchant magang di berbagai bisnis, termasuk sebagai konsultan strategi bisnis magang di Cedar Consultants di Mumbai, sebelum bekerja di perusahaan real estat mewah Isprava.

Dilansir Forbes, Senin (8/7/2024), Merchant saat ini menjabat sebagai anggota dewan direksi Encore Healthcare, bersama dengan saudara perempuannya, Anjali, yang bekerja sebagai direktur. Sementara itu, ayahnya menjabat sebagai CEO dan vice-chair dan ibunya sebagai managing director.

Radhika Merchant juga merupakan seorang penari klasik yang terlatih dan menghabiskan delapan tahun belajar Bharatanatyam di akademi tari Shree Nibha Arts di Mumbai, menyelesaikan pelatihan formal pada tahun 2022. Sementara itu, Anant Ambani adalah putra dari ketua Reliance Industries, Mukesh Ambani yang memiliki kekayaan bersih sebesar 117,8 miliar dolar AS (sekitar Rp 1.800 triliun), membuatnya menjadi orang terkaya di India dan orang terkaya kesembilan di dunia. Mukesh mewarisi perusahaan ini dari ayahnya, Dhirubhai Ambani, yang mendirikan perusahaan ini pada tahun 1966. Dhirubhai meninggal pada 2002.

Anant dan saudara-saudaranya, Akash dan Isha, terlibat dalam bisnis keluarga dan bergabung dengan dewan direksi pada bulan Agustus 2023, dengan Anant mengepalai bisnis energi Reliance Industries. Forbes melaporkan bahwa perusahaan ini akan menginvestasikan 80 miliar dolar AS untuk energi terbarukan selama tiga tahun ke depan.

Keluarga ini tinggal di Antilia, di Mumbai, yang dianggap sebagai kediaman pribadi termahal kedua di dunia (setelah Istana Buckingham). Dilaporkan menghabiskan biaya sekitar 2 miliar dolar AS (sekitar Rp 30 triliun) untuk membangunnya, rumah ini memiliki 27 lantai, garasi untuk 168 mobil, dan dilayani oleh 600 orang staf.

Anant dan Radhika dikabarkan merupakan sahabat sejak masa kecil. Radhika menghadiri beberapa acara keluarga Ambani dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pernikahan saudara kandung Anant. Pada tahun 2018, pasangan tersebut menghadiri pernikahan Nick Jonas dengan Priyanka Chopra Jonas. Anant dikabarkan melamar Radhika pada 2022, dan mereka resmi bertunangan dalam sebuah upacara pada bulan Januari 2023. Mereka akan menikah pada tanggal 12 Juli 2024.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement