Kamis 12 Sep 2024 12:50 WIB

Emi Shinohara Pengisi Suara di Serial 'Sailor Moon' dan 'Naruto' Meninggal Dunia

Pengisi suara Sailor Jupiter, Emi Shinohara, meninggal dunia pada usia 61 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Sailor Moon. Pengisi suara Sailor Jupiter di serial Sailor Moon, Emi Shinohara, meninggal dunia pada Selasa (10/9/2024).
Foto: JpopAsia
Sailor Moon. Pengisi suara Sailor Jupiter di serial Sailor Moon, Emi Shinohara, meninggal dunia pada Selasa (10/9/2024).

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Pengisi suara legendaris asal Jepang, Emi Shinohara, yang populer lewat perannya sebagai Makoto Kino atau Sailor Jupiter dalam serial anime "Sailor Moon" dikabarkan meninggal dunia. Pada Selasa, (10/9/2024), agensi 81 Produce mengumumkan bahwa Shinohara meninggal saat menjalani perawatan medis untuk penyakit yang tidak disebutkan.

Bernama asli Emiko Watanabe, pengisi suara ini meninggal dunia pada usia 61 tahun. Dalam sebuah pernyataan, agensi menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah mencintai mendiang semasa hidup.

Baca Juga

“Kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kebaikan yang telah diberikan selama masa hidupnya, dan dengan penuh rasa duka kami sampaikan kabar ini,” kata agensi tersebut, dilansir Channel News Asia, Kamis (12/9/2024).

Shinohara adalah pengisi suara andalan pada 1990-an dan 2000-an. Ia memulai debutnya sebagai Biko “B-Ko” Daitokuji dalam waralaba anime Project A-ko pada tahun 1986. Selama lebih dari 30 tahun berkarier, ia dikenal sebagai pengisi suara asli Sailor Jupiter dalam serial anime “Sailor Moon” tahun 1992, serta Kaho Mizuki dalam “Cardcaptor Sakura” dan sekuelnya “Clear Card”. Shinohara juga dikenal sebagai pengisi suara Kushina Uzumaki dalam waralaba “Naruto”, dan Presea dalam “Magic Knight Rayearth”.

Lahir pada 8 Agustus 1963 di prefektur Fukushima, Shinohara menyadari bahwa dia ingin menjadi seorang aktris saat tumbuh besar di Nagano. Berpikir bahwa musik akan membantu karier aktingnya, ia pun melanjutkan studinya di Kunitachi College of Music Tokyo, demikian seperti dilansir Crunchyroll.

Saat di Kunitachi itulah Shinohara bergabung dengan kelompok studi untuk calon pengisi suara, di mana dia diminta mengikuti audisi untuk peran pertamanya dan berhasil mendapatkan tawaran peran tersebut.

Di luar anime, Shinohara juga mengisi suara film-film asing ke dalam bahasa Jepang, seperti “The Wizard of Oz”, “Clueless”, “Nikita”, “Home Alone”, dan masih banyak lagi. Ia juga menjadi pengisi suara Bakuryuu Pteranodon dalam serial tokusatsu “Bakuryuu Sentai Abaranger”.

Kematian Shinohara terjadi beberapa bulan setelah kematian rekan satu agensinya, Noriko Ohara, yang dikenal lewat suaranya sebagai Nobita dalam anime Doraemon. Berbagai ungkapan duka telah mengalir dari rekan-rekannya di industri anime, termasuk dari Megumi Ogata, yang dikenal sebagai pengisi suara Sailor Uranus dalam Sailor Moon dan Yukito Tsukishiro dalam “Cardcaptor Sakura”.

“Kami sering tertawa tentang bagaimana orang salah mengucapkan nama kami karena kanji-nya sama. Suatu hari, kita akan bertemu lagi di sekuel Cardcaptor Sakura,” kata Ogata.

Sahabat lamanya, Rika Fukami, yang mengisi suara Sailor Venus, juga memberikan penghormatan terakhir kepada Shinohara. “Aku akan mencintaimu selamanya,” kata Fukami.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement