Jumat 13 Sep 2024 20:43 WIB

Mandiri Capital dan Saison International Dorong Penguatan Ekosistem Fintech

Sinergi antara institusi keuangan dengan fintech sangat penting.

Red: Satria K Yudha
Fintech (ilustrasi).
Foto: Republika
Fintech (ilustrasi).

AMEERALIFE.COM,  JAKARTA -- Mandiri Capital Indonesia (MCI) berkolaborasi dengan Saison International dan Saison Capital mendorong penguatan ekosistem fintech di Indonesia. Hal itu salah satunya dilakukan dengan menyelenggarakan konferensi fintech bertajuk 'On The Axis: Reinventing Finance', di Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Saison International dan Saison Capital merupakan bagian dari Credit Saison, salah satu lembaga keuangan non-bank di Jepang dengan sejarah lebih dari 70 tahun, yang terdaftar di Bursa Efek Tokyo. Dihadiri oleh pelaku industri, regulator, pemimpin korporasi, investor, serta startup, konferensi ini menegaskan pentingnya sinergi antara institusi perbankan dan startup fintech yang terus berkembang.

Dengan transformasi digital yang semakin mempercepat perubahan di sektor keuangan, kolaborasi antara startup fintech, institusi perbankan, dan regulator menjadi kunci untuk menjaga stabilitas sambil mendorong inovasi berkelanjutan. Konferensi tersebut membahas berbagai topik utama, termasuk perkembangan terkini dalam fintech, kemitraan strategis antara lembaga keuangan dan startup, strategi untuk kolaborasi yang efektif, serta upaya membangun masa depan kemitraan fintech yang kuat.

Acara ini dirancang sebagai platform diskusi mendalam mengenai ekosistem fintech, tantangan, dan kisah sukses kerja sama antara institusi keuangan dan startup, serta strategi yang efektif untuk membangun ekosistem keuangan yang lebih tangguh dan kuat. Selain itu, acara ini juga mengeksplorasi potensi teknologi baru seperti kecerdasan buatan (AI), blockchain, open banking, serta pendekatan inovatif dalam menjembatani kesenjangan keuangan di seluruh Asia.

“Kami telah hadir di Indonesia sejak tahun 2015, dan berada di sini untuk jangka panjang. Meskipun industri keuangan Indonesia sangat dinamis dan terus berkembang, satu hal yang pasti adalah potensi pertumbuhan yang sangat besar," kata CEO Saison International, Kosuke Mori dalam siaran pers, Jumat (13/9/2024).

Dia mengatakan, mendorong kolaborasi di seluruh ekosistem keuangan dan bekerja sama untuk mendorong kemitraan yang kuat merupakan kunci untuk serta mendukung pengembangan ekosistem keuangan yang lebih inklusif, mudah diakses, dan tangguh di Indonesia,.

Dengan latar belakang industri fintech yang terus mengalami disrupsi teknologi, konferensi ini difokuskan pada bagaimana pelaku industri dapat menavigasi perubahan sambil tetap menjaga stabilitas dan kepatuhan terhadap regulasi.

Direktur Utama Mandiri Capital Indonesia Ronald Simorangkir juga menegaskan pentingnya menciptakan sinergi yang kuat antara institusi keuangan dan startup fintech yang terus berkembang. "Seiring dengan perkembangan industri fintech global, kita melihat disrupsi yang signifikan di berbagai sektor, mulai dari perbankan hingga investasi. Di sinilah peran penting regulasi dan inovasi harus seimbang. Kami di MCI berkomitmen untuk memfasilitasi kemitraan yang memungkinkan kolaborasi antara fintech dan bank, demi menciptakan solusi keuangan yang inklusif dan berkelanjutan.” ujar Ronald.

Industri fintech lebih dari sekadar kemajuan teknologi. Fintech melibatkan pengembangan solusi yang secara khusus memenuhi kebutuhan pasar lokal dan regional. Perubahan yang cepat dalam sektor ini membuka peluang signifikan untuk mendorong inklusi keuangan, terutama melalui kolaborasi strategis antara perusahaan fintech dan lembaga keuangan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement