Rabu 25 Sep 2024 19:37 WIB

Satu Hal yang tak Boleh Dilakukan Jika Digigit Nyamuk, Apa Itu?

Dokter membagikan kebiasaan umum yang dapat memperparah gigitan serangga.

Red: Qommarria Rostanti
Nyamuk (ilustrasi). Para ahli sangat menyarankan untuk menghindari satu perilaku tertentu jika Anda digigit nyamuk yaitu menggaruk.
Foto: AP
Nyamuk (ilustrasi). Para ahli sangat menyarankan untuk menghindari satu perilaku tertentu jika Anda digigit nyamuk yaitu menggaruk.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Para ahli sangat menyarankan untuk menghindari satu perilaku tertentu jika Anda digigit nyamuk. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, saat Anda digigit nyamuk, serangga itu menyuntikkan air liur ke dalam tubuh melalui "belalai"-nya, bagian tubuh kecil seperti jarum yang menyedot darah.

Air liur tersebut mengandung antikoagulan yang menjaga darah Anda tetap mengalir sehingga serangga tersebut dapat memperoleh makanan yang cukup untuk bertelur. Racun dalam air liur tersebut diduga menjadi penyebab gigitannya terasa hangat dan gatal.

Baca Juga

Direktur Laboratorium Parasitologi Klinis di Mayo Clinic dan juru bicara College of American Pathologists, dr Bobbi Pritt, mengatakan hal itu terjadi karena tubuh Anda meningkatkan respons imun terhadap air liur dan melepaskan gelombang histamin dan leukotrien. Reaksi ini bervariasi dari orang ke orang, dan serangga ke serangga. Itulah sebabnya beberapa orang mengalami pembengkakan dan nyeri yang signifikan, sementara yang lain hanya mengalami benjolan yang sedikit gatal.

Terlepas dari bagaimana Anda bereaksi terhadap gigitan nyamuk, dokter setuju bahwa ada satu hal yang tidak boleh Anda lakukan saat digigit, yaitu menggaruknya.

Mengapa Anda harus menghindari menggaruk gigitan serangga?

"Anda mungkin tergoda untuk menggaruk gigitan nyamuk mengingat betapa gatalnya gigitan tersebut, tetapi Anda benar-benar harus menghindarinya", kata Pritt.

Alasan utamanya karena ada banyak jenis bakteri yang hidup di kulit dan tubuh kita seperti Staphylococcus dan Streptococcus yang menurut Pritt, sebagian besar tidak berbahaya. "Namun, jika Anda memiliki luka terbuka, seperti jika Anda menggaruk dengan sangat keras, Anda justru dapat menggesekkan bakteri dari kulit Anda ke luka kecil itu dan terkena infeksi", ujarnya.

Infeksi ini, seperti selulitis dan impetigo, dapat menyebabkan kemerahan, pembengkakan, lepuh, nyeri di sekitar gigitan, disertai pembengkakan kelenjar getah bening dan keluarnya cairan berwarna kuning. Infeksi ini dapat diobati dengan antibiotik tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, gigitan yang terinfeksi dapat menyebabkan komplikasi serius seperti sepsis atau necrotizing fasciitis.

Alasan kedua mengapa Anda sebaiknya tidak menggaruk yaitu semakin Anda gatal, semakin banyak sel histamin yang dilepaskan tubuh sehingga gigitan semakin gatal. "Menggaruk dapat mengirimkan sinyal nyeri ringan ke otak, yang dapat melepaskan serotonin dan meningkatkan sensasi gatal," kata seorang profesor madya di Harris College of Nursing and Health Sciences TCU, Pamela Frable.

Cara lain untuk membantu gigitan nyamuk sembuh secepatnya

Tentu saja, tidak menggaruk bukanlah satu-satunya cara untuk mempercepat pemulihan. Ada beberapa langkah lain yang perlu Anda ambil untuk mencegah infeksi dan memastikan gigitan membaik.

Hal pertama yang perlu dilakukan setelah digigit adalah membersihkan gigitan dengan sabun dan air. Ini akan membantu menghilangkan bakteri di dekat gigitan yang dapat menyebabkan infeksi. "Gigitan nyamuk secara teknis adalah luka kecil dan biasanya merupakan ide yang baik untuk mencuci semua luka dengan lembut menggunakan sabun dan air," kata Frable.

Pritt mengatakan, Anda perlu mengompres gigitan dengan es, idealnya selama sekitar 10 menit atau lebih. Es dapat secara drastis mengurangi rasa gatal beserta peradangan, nyeri, dan pembengkakan, menurut Cleveland Clinic.

Selanjutnya tutupi gigitan dengan krim antigatal atau antihistamin seperti losion kalamin atau hidrokortison. "Produk-produk ini dapat secara drastis mengurangi rasa gatal dan, yang terpenting, mencegah Anda menggaruk gigitan dan memutus siklus gatal-garuk", kata Pritt.

Jika Anda tidak memiliki barang-barang ini di lemari obat Anda atau tidak dapat pergi ke apotek, Anda dapat membuat pasta antigatal di rumah. Cukup campurkan satu sendok makan soda kue dengan sedikit air untuk membuat pasta kental. Kemudian, gosokkan campuran tersebut ke gigitan, tunggu 10 menit, dan bilas. Ramuan buatan sendiri ini mengurangi rasa gatal, menurut Mayo Clinic, tetapi, yang lebih baik lagi, ramuan ini mencegah Anda menggaruk gigitan dan memperburuk keadaan.

Terakhir, Anda harus mengawasi gigitan dan memperhatikan gejala apa pun yang muncul selama satu atau dua pekan ke depan. Cukup umum untuk mengembangkan gigitan serangga.

"Kelenjar getah bening yang bengkak atau bahkan tidak muncul segera setelah gigitan, jadi jangan panik jika Anda mengalami gejala-gejala ini segera," kata Pritt.

Tidak semua nyamuk membawa penyakit, tetapi beberapa menyebarkan virus Zika, demam berdarah, dan West Nile, yang semuanya dapat menyebabkan penyakit parah dan komplikasi kesehatan. Anda tidak dapat mengetahui apakah nyamuk membawa patogen hanya dengan melihat gigitannya, menurut Frable, itulah sebabnya sangat penting untuk memperhatikan gejala apa pun.

Jadi, jika Anda mengalami demam, ruam, sakit kepala parah, atau kebingungan sepekan atau dua pekan setelah gigitan, periksakan diri ke dokter. Mereka dapat menjalankan tes diagnostik untuk menentukan apakah Anda tertular penyakit yang ditularkan nyamuk dan memberikan perawatan suportif untuk membantu Anda pulih.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement