Kamis 26 Sep 2024 23:07 WIB

Benarkah Foto Archive Instagram Dihapus? Ini Cara Amankan Foto Biar Nggak Hilang

Pengguna Instagram dibuat resah oleh konten di archive yang hilang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Logo Instagram (kanan). Beberapa pengguna Instagram dikejutkan dengan notifikasi tak terduga terkait archive atau arsip fotonya.
Foto: AP Photo/Richard Drew, file
Logo Instagram (kanan). Beberapa pengguna Instagram dikejutkan dengan notifikasi tak terduga terkait archive atau arsip fotonya.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Beberapa pengguna Instagram dikejutkan dengan notifikasi tak terduga terkait archive atau arsip fotonya. Sebagian foto di arsip Stories mereka telah dihapus secara permanen dan tidak bisa dipulihkan.

“Story ini tidak lagi tersedia. Karena masalah teknis, story ini tidak lagi tersedia. Meskipun masalah in telah diperbaiki, story Anda tidak bisa dipulihkan,” demikian pesan yang muncul di aplikasi seperti dilansir CNN, Kamis (26/9/2024).

Baca Juga

Meta, perusahaan induk Instagram, tidak menjelaskan jumlah pengguna yang terdampak. Namun mereka menyatakan bahwa hanya pengguna yang kehilangan Story di arsip yang akan menerima pemberitahuan ini.

“Kami menemukan dan memperbaiki bug yang menyebabkan beberapa pengguna kehilangan Story di Highlight dan arsip Stories mereka. Sayangnya, kami tidak dapat memulihkan Stories ini dan kami telah memberi tahu orang-orang di aplikasi jika mereka terkena dampak,” kata juru bicara Meta.

Untuk menyelamatkan foto-foto di arsip, Anda bisa memindahkannya ke Google Drive maupun back up seperti berikut: Buka akun Instagram > Klik menu “Profil”> klik “Edit Profil > gulir ke bawah lalu klik “Pengaturan Informasi Pribadi > klik “Your Information and Permissions” > dan klik “Download Your Information”.

Kemudian unduh semua data yang terhubung dengan akun Instagram, selanjutnya pilih “Download to Device”. Lalu klik “Destination” pilih ke Google Drive > pilih akun email > klik Start Transfer untuk memulai proses pengunduhan arsip story sampai semua data berhasil dipindahkan ke Google Drive.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement