Sabtu 28 Sep 2024 12:48 WIB

Mendiang Maggie Smith Gabung ke Film Harry Potter atas Permintaan JK Rowling

Dame Maggie Smith berperan sebagai Profesor Minerva McGonagall di film Harry Potter.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Aktris legendaris Dame Maggie Smith yang merupakan pemeran Profesor Minerva McGonagall di film Harry Potter meninggal dunia pada 27 September 2024 di usia 89 tahun.
Foto: Dok. Warner Bros Pictures
Aktris legendaris Dame Maggie Smith yang merupakan pemeran Profesor Minerva McGonagall di film Harry Potter meninggal dunia pada 27 September 2024 di usia 89 tahun.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA – Aktris legendaris Dame Maggie Smith meninggal dunia pada 27 September 2024 di usia 89 tahun. Pemeran asal Inggris itu telah menikmati karier panjang dan cemerlang di panggung teater maupun layar lebar, jauh sebelum dikenal lewat perannya sebagai Profesor Minerva McGonagall di film Harry Potter.

Smith lahir di Ilford, Essex, pada 28 Desember 1934, dari orang tua yang berprofesi sebagai ahli patologi. Saat perang membayangi, Maggie Smith muda bersekolah di Oxford School for Girls. Dari sinilah dia memulai karirnya di teaternya sebagai pemeran pengganti.

Baca Juga

Seperti dilansir BBC, Sabtu (28/9/2024), karier pertamanya di film diawali dengan sebuah peran tanpa kredit di film produksi tahun 1956 berjudul Child in the House. Dua tahun kemudian dia dinominasikan untuk BAFTA sebagai pendatang baru terbaik dalam film melodrama tahun 1958 “Nowhere to Go”, di mana ia berperan sebagai seorang gadis yang menaungi narapidana yang melarikan diri.

Smith kemudian berhasil meraih dua Piala Oscar pada tahun 1969 dan 1978 untuk perannya di The Prime of Miss Jean Brodie dan California Suite. Namun bagaimanapun, popularitasnya dikenal atas perannya yang karismatik di waralaba Harry Potter.

Maggie Smith pertama kali mendapatkan peran ikonik sebagai Professor Minerva McGonagall dalam film Harry Potter and the Philosopher’s Stone. Karakter itu terus ia mainkan dalam seluruh seri film Harry Potter.

Menurut laporan, penulis JK Rowling secara khusus meminta Maggie Smith untuk memerankan karakter ini, yang membawa sedikit nuansa karakter Miss Jean Brodie ke dalam dunia sihir Hogwarts. Pada 2007, saat syuting film Harry Potter and The Half-Blood Prince, ia sempat didiagnosa menderita kanker payudara. Dia dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan selama dua tahun. Meskipun staminanya masih belum sepenuhnya pulih, ia tetap membintangi film terakhir Harry Potter.

Setelah kepergian Maggie Smith, penghormatan terakhir mengalir dari rekan-rekannya di film Harry Potter. Emma Watson yang memerankan Hermione Granger di film Harry Potter mengaku sangat mengagumi sosok Maggie.

“Ketika saya muda, saya tidak terlalu mengerti betapa legendarisnya Maggie. Setelah saya dewasa, saya baru menyadari bahwa saya telah beradu peran dengan seorang wanita yang begitu luar biasa,” kata Watson seperti dilansir Independent.

JK Rowling, penulis seri buku Harry Potter, juga turut memberikan penghormatan kepada Maggie. “Entah kenapa saya pikir dia akan hidup selamanya. Beristirahatlah dalam damai Dame Maggie Smith,” kata Rowling.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement