Senin 01 May 2023 07:35 WIB

Inggris Luncurkan Diet Soup and Shake, Bisa Sembuhkan Diabetes Tipe 2 Secara Permanen

Program diet ini dinilai revolusioner karena bisa sembuhkan diabetes tipe 2.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Diabetes (ilustrasi). National Health Service di Inggris memperkenalkan diet sup dan shake untuk pasien diabetes tipe 2.
Foto:

Obesitas adalah pendorong utama diabetes tipe 2 dengan penelitian menunjukkan bahwa orang gemuk memiliki kemungkinan 80 kali lebih besar untuk mengembangkan kondisi tersebut. Itu jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki indeks massa tubuh (BMI) kurang dari 22.

photo
Polifagia, gejala awal diabetes. - (Republika)

Dari 298 orang yang mengambil bagian dalam studi ini, setengahnya menerima perawatan diabetes standar dari dokter umum. Setengahnya lainnya melakukan diet dengan dukungan dari profesional kesehatan.

Ini termasuk sup rendah kalori, nutrisi lengkap, dan diet shake (sekitar 800 kalori per hari) selama antara 12 dan 20 pekan. Mereka juga mendapat dukungan dari perawat atau ahli gizi untuk memperkenalkan kembali makanan sehat dan mempertahankan penurunan berat badan.

Menurut pimpinan studi ini, Prof Roy Taylor dari Universitas Newcastle, Temuan baru ini menunjukkan bahwa diabetes tipe 2 dapat disembuhkan dalam jangka panjang. Menurunkan berat badan menghilangkan pemicu diabetes tipe 2, dan berarti tubuh dapat mencapai kadar glukosa normal.

"Faktor-faktor itu akan bertahan seumur hidup," ujarnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement