Selasa 30 May 2023 16:33 WIB

3 Cara Menyiasati Aturan Baru Netflix Soal Berbagi Kata Sandi

Netflix menyarankan pelanggan memiliki akun sendiri.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Dengan aturan yang diterapkan ke 103 negara, pelanggan Netflix yang ingin berbagi akunnya dengan orang lain di luar rumah harus membayar biaya tambahan.
Foto: AP Photo/Dan Goodman
Dengan aturan yang diterapkan ke 103 negara, pelanggan Netflix yang ingin berbagi akunnya dengan orang lain di luar rumah harus membayar biaya tambahan.

AMEERALIFE.COM,  JAKARTA---Pekan ini Netflix memberlakukan regulasi baru mengenai akun yang berbagi kata sandi. Dengan aturan yang diterapkan ke 103 negara, pelanggan Netflix yang ingin berbagi akunnya dengan orang lain di luar rumah harus membayar biaya tambahan.

Biaya tambahan itu sebesar 7,99 dolar AS per bulan (sekitar Rp 120 ribu). Opsi itu dilaporkan tersedia untuk pelanggan paket standar dan premium, yang harga bulanannya masing-masing sebesar 15,49 dolar AS (sekitar Rp 232 ribu) dan 19,99 dolar AS (Rp 299 ribu).

Baca Juga

Bagi yang enggan membayar biaya tambahan, Netflix menyarankan pelanggan memiliki akun sendiri. Namun, pengguna Netflix sudah menemukan cara untuk menyiasati aturan baru Netflix tanpa membayar. Berikut caranya, dikutip dari laman Daily Mail, Selasa (3/5/2023).

- Jangan masuk ke Netflix melalui TV pintar atau streaming box

Aturan baru Netflix tidak memperbolehkan seseorang berbagi kata sandi dengan orang lain "di luar rumah" tanpa biaya tambahan. Netflix mendefinisikan "rumah" dengan preferensi akun yang digunakan di teelvisi utama, seperti TV pintar atau streaming box.

Karena itu, akun Netflix "bersama" yang dipakai sebaiknya tidak login lewat perangkat tersebut. Streaming Netflix bisa menggunakan perangkat portabel seperti laptop, tablet, atau ponsel. Lantas, jika ingin menonton dari TV, transmisikan dengan kabel HDMI.

 

- Siapkan penerusan otomatis untuk kode verifikasi

Selain TV utama, Netflix menggunakan alamat IP dan jaringan nirkabel untuk mendefinisikan "satu rumah tangga". Itu berarti Netflix menyiapkan penghalang yang disebut roadblock dan mengirimkan kode verifikasi kepada pemilik utama akun.

Setiap kali pemilik utama atau orang lain mencoba masuk dari jaringan nirkabel baru, kode itu harus dimasukkan. Karenanya, menyiapkan penerusan otomatis untuk kode verifikasi tersebut ke kontak orang-orang yang berbagi akun bisa menjadi solusi.

Netflix juga akan mengirim kode verifikasi tersebut ke email pemegang akun utama, jika nomor telepon tidak dilampirkan ke akun. Ada banyak cara mudah untuk meneruskan email kode verifikasi itu, seperti fitur auto-forward di Gmail dan Microsoft Outlook.

 

- Login ke Wi-Fi pemegang akun

Netflix menggunakan alamat IP dan nirkabel pemegang akun utama sebagai bagian dari definisi "rumah tangga". Hal ini bisa menjadi celah jika pelanggan yang berbagi kata sandi dapat login ke Netflix, setidaknya sesekali, dari koneksi Wi-Fi di akun rumah pemilik utama.

Setelah login lewat Wi-Fi pemegang akun, baik di ponsel, laptop, atau tablet, Anda seharusnya dapat tetap mengakses dan menonton tayangan favorit di Netflix, ke mana pun Anda pergi. Namun, ada kemungkinan Netflix akan mengubah aturan ini.

Imbasnya, orang yang berbagi akun perlu lebih sering terhubung kembali dengan Wi-Fi rumah tangga utama. Akan tetapi, untuk saat ini, tidak ada keterangan di Pusat Bantuan Netflix yang menyarankan pelanggan perlu memverifikasi ulang lokasinya setelah interval waktu tertentu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement