Ahad 30 Jul 2023 16:49 WIB

Resisten Obat, Jamur Ini Berpotensi Jadi Ancaman Kesehatan Global

Peningkatan signifikan kasus jamur Candida auris telah terjadi di Eropa.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Foto tahun 2016 yang disediakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menunjukkan galur Candida auris yang dikultur dalam cawan petri di laboratorium. Pada Kamis (22/7), CDC mengatakan ada bukti penyebaran jamur yang tidak dapat diobati di panti jompo Washington DC dan di dua rumah sakit di daerah Dallas.
Foto:

Mengenal Infeksi Candida auris

Kasus infeksi Candida auris pertama kali ditemukan pada 2009 di Jepang, 2009. Ketika jamur Candida auris menginfeksi manusia, dia akan masuk ke dalam aliran darah. Di sana, Candida auris dapat menyebabkan infeksi berbahaya yang bisa mengancam jiwa pasien.

Infeksi Candida auris umumnya tak menjadi ancaman bagi orang-orang bertubuh sehat. Akan tetapi, infeksi jamur ini bsia sangat mematikan bagi individu dengan sistem imun yang lemah, seperti pasien gangguan imun, individu yang sakit, lansia, serta bayi baru lahir.

Belum lama ini, para pakar telah memberikan peringatan terkait potensi bahaya infeksi Candida auris. Mereka menilai, jamur ini bisa menyebar ke seluruh dunia.

Untuk mencegah wabah Candida auris, ada beberapa upaya yang perlu dilakukan khususnya di area fasilitas layanan kesehatan. Sebagian di antaranya adalah skrining dan isolasi pasien yang terinfeksi, meningkatkan prosedur kebersihan tangan, dan membersihkan area yang terpapar oleh kasus Candida auris.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement