Senin 31 Jul 2023 05:45 WIB

Dolly Parton Pernah Kirim Surat Menyentuh ke Sinead O’Connor, Ini Isinya

surat Parton menjadi salah satu bukti kuatnya kiprah sosok O'Connor di ranah musik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani
Irish singer Sinead O
Foto: EPA-EFE/Marton Monus HUNGARY
Irish singer Sinead O

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Penyanyi country asal Amerika Serikat, Dolly Parton, pernah mengirimkan surat tulisan tangan yang menyentuh untuk penyanyi Irlandia Sinead O’Connor. Setelah O'connor dikabarkan tutup usia pekan lalu, surat itu pun kembali jadi sorotan.

Pasalnya, surat Parton menjadi salah satu bukti kuatnya kiprah sosok O'Connor di ranah musik. Dikutip dari laman American Songwriter, Ahad (30/7/2023), surat bertanggal 25 Juni 2003 itu berisi pujian dari Parton kepada O'Connor yang merupakan "junior"-nya.

Baca Juga

Pada 2003, O'Connor membuat cover dari lagu Parton yang berjudul "Dagger Through the Heart". Versi orisinal lagu tersebut termuat di album ke-39 milik Parton rilisan 2002, yakni Halos & Horns. Sementara, versi O’Connor merupakan bentuk tribute untuk Parton.

Sebagai ciri khas, O’Connor menambahkan unsur folk dan bluegrass untuk lagu "Dagger Through the Heart" yang dia bawakan. Parton rupanya sangat terkesan. Dia berterima kasih karena O'Connor mau terlibat dalam proyek spesial itu, mencurahkan talentanya untuk karya tersebut.

"Aku selalu mengagumimu dan sekarang aku lebih mengagumimu. Aku sangat menyukai caramu menyanyikan lagu "Dagger Through the Heart". Ya ampun, aku merasakannya lagi dan lagi," ungkap Parton dalam suratnya.

Album tribute itu berjudul Just Because I’m a Woman: Songs of Dolly Parton. Selain O'Connor, album tribute juga melibatkan banyak musisi, termasuk Melissa Etheridge dengan lagu "I Will Always Love You", duet Shania Twain dan Alison Krauss di lagu "Coat of Many Colors, serta versi lain lagu "To Daddy" yang dibawakan Emmylou Harris.

Sebelum merekamnya, O’Connor pertama kali membawakan lagu “Dagger Through the Heart” saat tampil di Saturday Night Live pada 1992. Lagu lain yang dia nyanyikan kala itu adalah "War" milik Bob Marley. Pada momen itulah O'Connor melakukan aksi kontroversial merobek foto Paus John Paul II.

Selain "Dagger Through the Heart", O’Connor juga cukup mendalami musik country. Dia membawakan ulang lagu "Success" rilisan 1963 milik Loretta Lynn, yang termuat di album O'Connor bertajuk I Am Not Your Girl dan diluncurkan pada 1992. Pada 1993, O’Connor berkolaborasi dengan Willie Nelson membawakan "Don’t Give Up" milik Peter Gabriel.

Kabar duka berpulangnya O’Connor diumumkan pada Kamis (27/7/2023). Selain beragam karyanya yang mendunia, O'Connor juga jadi sorotan karena kehidupan personalnya. Dia memutuskan masuk Islam pada 2018 dan mengganti namanya menjadi Shuhada Sadaqat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement