Selasa 01 Aug 2023 14:14 WIB

Rekomendasi Produk Eksfoliasi untuk Wajah Berminyak dan Berjerawat

Eksfoliasi tetap diperlukan untuk kulit berjerawat agar sel kulit mati hilang.

Red: Gita Amanda
Produk skincare (ilustrasi). Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati dari permukaan kulit.
Foto: www.freepik.com
Produk skincare (ilustrasi). Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati dari permukaan kulit.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Anda sering menggunakan berbagai produk skincare namun khasiat yang dirasakan dari produk tersebut tidak maksimal? Anda mungkin perlu melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan sel kulit mati dari permukaan kulit. Sel kulit mati yang terhempas membuat lapisan kulit baru muncul di permukaan. 

Dengan eksfoliasi yang rutin, kulit wajah akan terlihat segar dan berbagai produk skincare lebih maksimal penyerapannya. Bagi Anda yang baru mulai eksfoliasi, penting untuk memperhatikan produk eksfoliasi yang digunakan. Apalagi jika memiliki kondisi kulit khusus seperti berjerawat, berminyak atau kering. Berikut rekomendasi produk eksfoliasi untuk wajah berminyak dan berjerawat serta cara pakainya. Simak selengkapnya!

 

 

Rekomendasi produk eksfoliasi untuk wajah berminyak dan berjerawat

Ada banyak sekali merk yang menyediakan produk eksfoliasi, eits tetapi bagi Anda yang memiliki kulit dengan kondisi khusus harus memperhatikan produk yang digunakan. Berikut rekomendasi produk eksfoliasi untuk wajah berminyak dan berjerawat hanya untuk Anda!

1. Some By Mi Aha Bha Pha 30 Foam 100 mL

Produk eksfoliasi untuk wajah berminyak dan berjerawat yang pertama adalah Some By Mi Aha Bha Pha 30 Foam 100 mL. Some By Mi Aha Bha Pha 30 Foam 100 mL adalah produk eksfoliasi berbentuk pembersih wajah berbusa. Produk ini memang dirancang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat karena membersihkan kulit sekaligus mengurangi peradangan yang memicu timbulnya jerawat.

Produk ini mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid), BHA (Beta Hydroxy Acid), dan PHA (Polyhydroxy Acid) dalam jumlah yang sesuai. Kombinasi dari ketiga jenis asam ini bertujuan untuk menyediakan pengelupasan kulit secara lembut, membantu membersihkan pori-pori, dan mengurangi tanda-tanda jerawat. Tidak ada lagi drama menggunakan eksfoliasi kasar yang merusak kulit. Dengan pemakaian yang rutin, Anda akan mendapatkan kulit wajah yang lembut, lebih cerah dan terhindar dari masalah peradangan kulit seperti jerawat, komedo, dan kulit berminyak. 

2. Safi Acne Expert Acne Treatment Gel 15 g

Kulit yang berjerawat bukan berarti Anda tidak perlu melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi tetap diperlukan untuk kulit berjerawat agar sel kulit mati hilang dan mengurangi peradangan yang ada. Tetapi harus diingat, pilih eksfoliasi yang ringan dan lembut. Hindari eksfoliasi yang kasar karena akan membuat kondisi kulit semakin parah.

Salah satu produk eksfoliasi untuk kulit berjerawat adalah Safi Acne Expert Acne Treatment Gel 15 g. Produk satu ini merupakan gel pereda jerawat dengan kandungan aktif asam salisilat (BHA) membantu membersihkan pori-pori tersumbat yang memicu timbulnya jerawat. Karena berbentuk gel, Anda tidak perlu khawatir, tidak akan membuat kulit iritasi serta jerawat meradang.

3. Cetaphil Daily Exfoliating Cleanser 178mL

Produk exfoliating untuk kulit berminyak dan berjerawat selanjutnya adalah Cetaphil Daily Exfoliating Cleanser 178 mL. Produk ini adalah pembersih wajah yang dirancang khusus untuk kulit dengan kondisi khusus dapat menghempas sel kulit mati secara lembut. 

Cetaphil Daily Exfoliating Cleanser mengandung partikel-partikel halus atau bahan eksfoliasi seperti mikrogranul atau asam tertentu yang membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati secara lembut. Selain itu, produk ini juga mengandung bahan-bahan pembersih yang membantu mengangkat kotoran dan minyak dari permukaan kulit. Wajah jadi lembut, segar, dan produksi minyak di wajah tidak berlebihan.

Seperti halnya produk-produk Cetaphil lainnya, produk satu ini juga cocok untuk kulit sensitif. Tidak mengandung pewarna tambahan, atau pun pewangi, sehingga tidak akan memicu timbulnya iritasi pada kulit wajah. 

4. Somethinc Peeling Solution 20 mL

Produk ini bertujuan untuk melakukan eksfoliasi kimia pada kulit. Mengandung bahan-bahan seperti asam glikolat, asam laktat, atau asam salisilat, yang bekerja untuk mengelupaskan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Eksfoliasi kimia membantu membersihkan pori-pori, meratakan tekstur kulit, dan mempercepat pergantian sel kulit.

Anda yang memiliki kulit berminyak, juga harus melakukan eksfoliasi lho. Sebab produksi minyak yang berlebihan bisa membuat kulit kusam serta memicu timbulnya jerawat. Somethinc Peeling Solution 20 mL salah satu produk eksfoliasi berbentuk peeling baik digunakan saat wajah sudah bersih. Meski bermanfaat mengelupas sel kulit mati, namun Anda disarankan tidak menggunakannya setiap hari. 

Cara memakai produk eksfoliasi

Memakai produk eksfoliasi ada cara pemakaiannya. Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini. 

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu

Cara memakai produk eksfoliasi yang pertama adalah terlebih dahulu membersihkan wajah. Bersihkan wajah dari make up, kotoran, debu, minyak dan lain-lain. Anda bisa gunakan produk yang ringan yang bisa mengangkat semua kotoran di wajah Anda supaya eksfoliasi lebih maksimal. 

2. Baca petunjuk penggunaan 

Selanjutnya, adalah membaca petunjuk penggunaan produk. Tentu bentuk produk eksfoliasi yang berbeda memiliki cara penggunaan yang berbeda. Produk eksfoliasi bisa berupa gel, pembersih wajah, peeling dan pencuci wajah. Baca secara seksama petunjuk penggunaannya supaya tidak salah. 

3. Hindari area sensitif 

Cara pemakaian produk eksfoliasi adalah menghindari area yang sensitif dengan bahan kimia seperti bagian dekat mata, bibir atau area yang terkena luka. Sebab jika terkena area sensitif bisa menyebabkan iritasi atau masalah yang tidak diinginkan. 

4. Bilas dengan air bersih 

Terakhir, bisa dibilas dengan air bersih. Pastikan untuk membilasnya beberapa kali supaya tidak ada sisa residu yang tertinggal. Setelah itu bisa melanjutkan step skincare Anda seperti toner, pelembab untuk kulit berjerawat, serum dan lain-lain. 

Produk eksfoliasi tidak disarankan untuk digunakan setiap hari. Sebab penumpukan sel kulit mati tidak terjadi dalam satu hari saja, terlalu sering menghempasnya justru akan membuat lapisan kulit menjadi tipis dan akan merusak skin barrier.

Untuk kulit normal pemakain produk eksfoliasi disarankan antara satu hingga dua kali dalam seminggu. Sementara untuk kulit berjerawat dan berminyak, pemakaian bisa lebih sering dua hingga tiga kali seminggu. Berbeda lagi jika kulit Anda sensitif, hindari terlalu sering bisa satu kali saja dalam seminggu atau satu kali dalam dua minggu. 

Biasanya, setelah menggunakan produk eksfoliasi kulit Anda akan terasa kering karena sel kulit mati yang terangkat. Usahakan setelah selesai selalu gunakan pelembab agar kulit wajah Anda tetap terhidrasi dengan baik. Apalagi jika produk eksfoliasi yang digunakan adalah eksfoliasi kimia, biasanya ada reaksi kulit merah sehingga membutuhkan pelembab khusus yang ekstra menghidrasi. 

Nah, berikut di atas merupakan rekomendasi produk eksfoliasi untuk kulit berjerawat dan berminyak beserta cara memakainya. Meski mengalami kondisi khusus berjerawat, eksfoliasi kulit tetap harus dilakukan supaya kondisi kulit wajah Anda tidak semakin parah.

Selalu pilih produk yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi kulit Anda. Anda bisa memilih antara beberapa rekomendasi produk di atas. Keempat rekomendasi yang disebutkan tentulah berkualitas jadi Anda tidak perlu khawatir lagi!

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement