Selasa 30 Apr 2024 10:23 WIB

Vape Bikin Perempuan Kurang Subur, Sulit Punya Anak

Penggunaan vape membuat hormon kesuburan perempuan merosot.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Asap vape (ilustrasi). Menggunakan vape dapat mengganggu tingkat kesuburan perempuan.
Foto:

Selain itu, penelitian juga menyoroti kebiasaan berisiko lainnya di antara perempuan yang mencoba hamil, termasuk penggunaan narkoba dan konsumsi alkohol melebihi rekomendasi National Health Service (NHS). Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa tujuh persen perempuan yang mencoba hamil masih menggunakan narkoba, sementara empat persen mengonsumsi alkohol melebihi rekomendasi NHS.

Dokter O'Neill mengingatkan bahwa langkah terbaik adalah berhenti sepenuhnya dari kebiasaan menggunakan vape alih-alih sekadar mencoba untuk mengurangi atau mengontrol konsumsi dalam jumlah moderat. Berita ini muncul ketika Inggris menempati peringkat keenam dari 40 negara dalam penggunaan rokok elektrik di antara anak usia 11 hingga 13 tahun.

Laporan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa anak-anak di Inggris lebih sering terpapar asap rokok dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di beberapa negara Eropa lainnya. Data menunjukkan bahwa 30 persen remaja perempuan berusia 15 tahun di Inggris menggunakan rokok elektrik dalam sebulan terakhir, jumlah yang jauh lebih tinggi dari rata-rata Eropa sebesar 21 persen.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement