Senin 06 May 2024 14:07 WIB

Richard Gere Pernah Dilarang Oscar Selama 20 Tahun, Ini Alasannya

Gere dilarang hadir di Oscar gara-gara pidatonya soal China.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Aktor Richard Gere kembali aktif bermain film belakangan ini.
Foto: Alessandro Della Bella/AP
Aktor Richard Gere kembali aktif bermain film belakangan ini.

AMEERALIFE.COM,  JAKARTA -- Aktor Richard Gere kembali aktif bermain film belakangan ini. Gere diketahui pernah absen dalam upacara Academy Awards alias Oscar karena adanya larangan terhadap dirinya selama 20 tahun penuh dari 1994-2012. 

Penggemar film di era 80-an dan 90-an mungkin banyak yang bertanya-tanya alasan Gere sempat di-blacklist di Oscar sebegitu lamanya. Gere, merupakan aktor pemenang penghargaan lewat karyanya yang mencakup beberapa komedi romantis terhebat dan drama romantis sukses sepanjang masa. 

Baca Juga

Karya itu seperti, Pretty Woman, An Officer and a Gentleman dan Runaway Bride. Dia pernah dinominasikan empat kali di Golden Globe dan satu kemenangan untuk Aktor Terbaik di Chicago, serta dua nominasi SAG dengan satu kemenangan lagi untuk Chicago. Namun santat mengherankan Gere belum pernah dinominasikan untuk Oscar.

Ada banyak aktor berbakat yang tidak pernah mendapat kehormatan untuk dinominasikan. Namun dalam kasus Richard Gere, salah satu faktornya berangkat dari fakta bahwa Gere dilarang mengikuti ajang penghargaan tersebut selama 20 tahun. 

Oscar mungkin tidak terlepas dari momen aneh selama bertahun-tahun. Beberapa di antaranya menyebabkan para aktor dilarang menghadiri acara tersebut. 

Sebut saja Carmine Caridi, Will Smith, Roman Polanski, dan Harvey Weinstein, yang semuanya telah dilarang karena alasan tertentu. Namun larangan untuk Gere dianggap terjadi akibat dipicu oleh hal yang unik.

Larangan Oscar Gere Disebabkan Pidatonya soal China

Pada Oscar 1993, Academy Awards ke-65, dan hanya beberapa tahun setelah perilisan Pretty Woman, Richard Gere diminta untuk memberikan penghargaan terhadap Penyutradaraan Seni Terbaik. Ini akhirnya diberikan kepada Luciana Arrighi dan Ian Whittaker untuk Howards End. 

Selama pidatonya, Gere keluar dari naskah dan mulai mencaci-maki pemerintah China atas perlakuan terhadap orang Tibet dan rakyat China, melalui Majalah Hello!. Sebagai penganut Buddha Tibet yang sudah lama dan vokal, Gere sejak itu terang-terangan menentang China.

Pidato inilah yang akhirnya membuat Gere dilarang menghadiri upacara Oscar selama 20 tahun dan juga membuatnya dilarang seumur hidup di China. Namun, ia diizinkan menghadiri upacara tahun 2003 ketika Chicago, di mana Gere berperan sebagai pengacara Billy Flynn, dinominasikan dan memenangkan Film Terbaik. 

Dia juga kembali ke....

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement