Selasa 14 May 2024 20:42 WIB

One Fine Sky dan BINhouse Kolaborasi Hadirkan Koleksi dengan Ukel Pakis

One Fine Sky adalah label gerakan sosial yang konsisten berbagi kebaikan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Koleksi kolaborasi One Fine Sky x BIN House Sabda Alam
Foto: Republika/Noer Qomariah Kusumawa
Koleksi kolaborasi One Fine Sky x BIN House Sabda Alam

AMEERALIFE.COM, JAKARTA — One Fine Sky (OFS) selalu berkolaborasi dalam merilis koleksi komersial untuk gerakan sosial. Terbaru, One Fine Sky bekerja sama dengan BINhouse dalam memadukan kekayaan tradisional Indonesia dengan estetika modern koleksi “Sabda Alam”.

Salah satu pendiri One Fine Sky, Yuni Jie, mengatakan tim One Fine Sky merasa BINHouse dan One Fine Sky memiliki kesamaan yang sangat kuat. Yaitu, sama-sama Indonesia .

Baca Juga

“Kalau BINhouse mungkin dalam hal pelestarian budaya melalui kain dan makanan tradisional dan apa pun [terkait] nusantara, [sedangkan] kalau One Fine Sky dalam bentuk pendidikan dan produk yang kami hasilkan itu semua juga made in Indonesia,” kata Yuni dalam acara Pasar Sandang Pangan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

“Jadi dari sana kami berangkat untuk mengajak kolaborasi karena kesamaan visi,” ujarnya lagi.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan partisipasi publik untuk berdonasi dan memberikan apresiasi terhadap kreasi Nusantara semakin tinggi, serta memberikan dampak positif bagi anak-anak Indonesia. Karena melalui partisipasi publik dengan membeli koleksi dari pakaian dari One Fine Sky dan para kolaboratornya dapat mengantarkan One Fine Sky untuk menjalankan misi sosial dan mencapai tujuan positif serta bermanfaat.

Dalam kolaborasi ini dihadirkan kemeja putih, kebaya putih, dan kain batik ukel pakis dengan latar gradasi biru. Motif ukel pakis sendiri sudah menjadi identitas yang melekat dengan BINhouse.

Tumbuhan pakis (fera) dapat hidup di mana saja, hingga di celah-celah gedung. “Pakis itu menurut saya lambangnya kehidupan,” ujar pendiri BINhouse Josephine Werratie Komara

Selain itu, ada pula kreasi bros atau badge lambang awan One Fine Sky.  Kreasi itu diciptakan BINhouse dengan awan berlatar kain yang “dikerutkan” dengan menggunakan jelujur yang ditarik dan kemudian dilepas jahitan, setelahnya dibingkai dengan lingkaran border benang biru tua.

Sedangkan T-shirt One Fine Sky kreasinya terinspirasi dari cincin pertumbuhan yang bisa dijumpai pada lingkaran pohon. Koleksi kolaborasi ini dilengkapi kebaya kutu baru yang menjadi signature creation BINhouse.

Bahan-bahan pada koleksi BINhouse dan One Fine Sky ini menggunakan Ecovero yang dikenal ramah lingkungan, karena kemampuannya untuk secara alami terurai kembali ke lingkungan tanpa meninggalkan jejak yang merusak.

Selain dapat dibeli secara perdana pada Pasar Sandang pangan, koleksi kolaborasi One Fine Sky x BIN House ini dapat dibeli secara daring melalui akun Instagram @onefinesky atau @BINhouse dan melalui platform daring lainnya. Produk-produk ini dijual dengan harga Rp 399 ribu hingga Rp 2,289 juta.

One Fine Sky adalah label gerakan sosial yang konsisten berbagi kebaikan dan fokus mengampanyekan merealisasikan mimpi anak-anak Indonesia menjadi kenyataan. Mereka merayakan ulang tahun yang ketujuh.

Di bawah naungan Yayasan Biru, One Fine Sky aktif dan konsisten dalam menyediakan seragam sekolah gratis sebagai bagian dari misi untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak sehingga dapat membantu memperjuangkan pendidikan yang layak bagi anak-anak Indonesia, dalam melanjutkan mimpi baiknya. Satu koleksi One Fine Sky setara dengan satu set seragam lengkap yang dialokasikan untuk mendukung misi dan kegiatan tersebut.

Hingga saat ini, melalui penjualan pakaian yang diproduksi oleh One Fine Sky bersama para kolaborator, telah berhasil mendonasikan seragam hingga mencapai 24.466 seragam, yang tersebar lebih dari 36 lokasi di Indonesia, dari ujung Sumatra hingga Papua, dan akan terus bertambah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement