Senin 03 Jun 2024 22:08 WIB

Latihan Napas Bisa Bantu Atasi Trauma, Bagaimana Caranya?

Latihan napas dapat membantu kondisi mental seseorang menjadi lebih baik.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Perempuan yang mengalami trauma menutup wajahnya (Ilustrasi). Latihan napas yang disebut breathwork trauma release dapat membantu memulihkan kondisi mental seseorang.
Foto:

Sebagai mantan praktisi yoga alliance dan mantan guru napas dari Yayasan Seni Kehidupan (Art of Living Foundation), Ineke memulai pekerjaan di area holistik ini sejak 2004 dan mempelajari breathwork mulai 2012. Selama beberapa tahun, ia ikut mengabdikan diri mengajarkan meditasi dan breathwork di Indonesia.

Ineke adalah penggagas berdirinya Sekolah Napas Indonesia (SENI) yang mengajarkan latihan pernapasan menggunakan metode breathwork. Caranya, menarik dan membuang napas dari mulut tanpa jeda atau circular connected breath, dipadukan dengan teknik yogic breath dengan menarik dan mengembuskan napas dari hidung.

"Buku ini mengajak siapa saja yang membacanya agar dapat merasakan kehadiran Sang Pencipta dalam setiap tarikan dan embusan napas yang kita lakukan," tutur Ineke.

Lewat buku Jejak Sang Napas, Dinari dan Ineke mengajak pembaca untuk mengingat kembali bahwa ketika menarik dan mengembuskan napas sebanyak lebih kurang 20 ribu kali dalam sehari, sesungguhnya Sang Pencipta tengah memberikan kesempatan untuk memanfaatkannya secara optimal.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement