Senin 09 Sep 2024 09:47 WIB

Kiprah Almarhumah Penyanyi Cilik Puput Novel, Pernah Raih Penjualan Album Terbanyak

Puput Novel memiliki puluhan album lagu anak, remaja, dan dewasa.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Mantan penyanyi cilik Puput Novel meninggal dunia. mulai terjun ke dunia hiburan sebagai penyanyi sejak masih anak-anak pada era 1970-an.
Foto: Dok pribadi
Mantan penyanyi cilik Puput Novel meninggal dunia. mulai terjun ke dunia hiburan sebagai penyanyi sejak masih anak-anak pada era 1970-an.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA – Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Indonesia. Puput Novel, mantan penyanyi cilik, meninggal dunia pada usia 50 tahun, Ahad (8/9/2024).

Berita kepergiannya membawa duka mendalam bagi keluarga hingga penggemar yang telah mengikuti perjalanan kariernya sejak lama. Puput Novel memiliki nama asli Putri Zizi Novianti dan lahir pada 31 Agustus 1974. Puput yang memiliki darah seni dari orang tuanya mulai terjun ke dunia hiburan sebagai penyanyi sejak masih anak-anak pada era 1970-an.

Baca Juga

Puput telah menghasilkan 36 album rekaman yang terdiri dari 28 album cilik, serta 8 album remaja dan dewasa. Lagu-lagu yang populer dari Puput Novel di antaranya “Kau Idolaku” (1988), “Ting Tang Ting” (1988), “Mama” (1988), “Stop Pacaran” (1990), hingga “Dua Sejoli” (1990).

Empat buah Golden Record telah diraihnya dengan kriteria penjualan album terbanyak dan album terbaik pada saat itu. Puput juga pernah mengeluarkan beberapa album religi dan album religi kompilasi bersama artis-artis lainnya seperti Dwiki Dharmawan, Novia Kolopaking, Ita Purnamasari, Deny Malik, Betharia Sonata, dan Yani Libels. Beberapa lagu religi dari Puput Novel antara lain “Sholawat Asnawiyah”, “Sholawat Badar”, hingga “Selamat Hari Lebaran”.

Setelah sempat vakum selama beberapa tahun, pada 2014 Puput muncul kembali ke dunia tarik suara dengan mengeluarkan album rekaman yang bertemakan religi dengan format band yang diberi nama TopGan Band yang terdiri atas empat personil yaitu Puput sebagai vokalis, Agi (gitar), Reza (bassis), dan Barkah (drummer). Bersama TopGan Band, Puput Novel merilis beberapa single religi antara lain “Sholawat Burdah” (2017), “Sholawat Badar” (2017), “Ya Lal Wathon”, “Sholawat Asnawiyah” (2017), dan “Asmaul Husna” (2018). Lagu-lagu tersebut juga memiliki video klip yang dirilis di saluran YouTube Puput Novel Official.

Selain berkiprah di industri musik, Puput juga pernah beradu peran di empat film dan tiga sinetron. Salah satunya adalah sinetron striping yang ditayangkan di Indosiar yaitu “Keluargaku Sorgaku” di mana ia berperan sebagai Sarah. Sebagai mantan artis cilik, ia juga sering didaulat memandu acara anak-anak secara off air.

Seperti diberitakan sebelumnya, Puput Novel dikabarkan meninggal dunia karena penyakit kanker payudara yang dideritanya selama kurang lebih tiga tahun terakhir. Puput mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit MMC Kuningan Jakarta pada Ahad pukul 18.24 WIB.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement