Rabu 18 Sep 2024 10:08 WIB

Musisi Fiersa Besari Rehat dari Dunia Musik Mulai 1 Januari 2025, Ini Alasannya

Menurut Fiersa, keputusan ini bukanlah sesuatu yang diambil secara spontan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Musisi Indonesia Fiersa Besari (kanan). Fiersa mengumumkan rehat dari industri musik mulai 1 Januari 2025.
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Musisi Indonesia Fiersa Besari (kanan). Fiersa mengumumkan rehat dari industri musik mulai 1 Januari 2025.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA – Musisi Fiersa Besari mengumumkan rencananya untuk rehat panjang dari industri musik mulai 1 Januari 2025. Melalui sebuah video di saluran YouTubenya, Fiersa menyampaikan bahwa alasannya untuk rehat dari kegiatan manggung berakar dari keinginannya meluangkan lebih banyak waktu bersama keluarga.

Fiersa mengatakan persiapan untuk manggung sebenarnya membutuhkan waktu yang panjang. Terlebih lagi, sebagai musisi yang berdomisili Bandung, ia harus melakukan perjalanan panjang, terutama jika ada jadwal manggung luar kota dan luar Jawa.

Baca Juga

“Ini capek banget, apalagi kalau semisal jadwal manggung-nya ada di beberapa titik lokasi,” kata Fiersa dalam video tersebut, dikutip pada Rabu (18/9/2024).

Kegiatan manggung yang menyita waktu ini pada akhirnya membuat waktu bersama keluarga menjadi berkurang. Kesadaran ini membuat Fiersa memutuskan untuk fokus pada peran sebagai ayah dan suami.

“Kinasih sekarang sudah 3 tahun, dan tahun depan 4 tahun. Itu artinya waktu saya tinggal sedikit untuk bisa bermain sama dia, sebelum Kinasih mulai TK, SD, SMP, dan seterusnya,” jelas Fiersa.

Menurut Fiersa, keputusan ini bukanlah sesuatu yang diambil secara spontan. Fiersa mengaku telah merencanakan hal ini sejak Maret 2024, namun terus tertunda karena beberapa kondisi termasuk memikirkan nasib band dan almarhumah ibunya yang ingin anaknya tetap menjadi musisi.

“Sebelum ibu meninggal, ibu kan selalu membanggakan saya sebagai musisi. Itu membuat saya berpikir ulang untuk rehat, dan rasa jenuh itu selalu datang apalagi saya selalu merasa berdosa setiap kali kekurangan waktu bermain bersama anak,” kata Fiersa.

Fiersa menambahkan, keputusan untuk rehat juga semakin kuat ketika menyadari bahwa dia tidak lagi diundang dalam salah satu festival besar. Hal ini menurutnya, menjadi sinyal bahwa waktunya di dunia panggung mungkin sudah cukup.

“Saya juga selalu sadar bahwa saya akan tergantikan sebagai seorang musisi, tapi saya juga percaya bahwa saya tidak bisa tergantikan sebagai seorang ayah dan suami, saya tidak mau kehilangan peranan itu,” kata Fiersa.

Fiersa sendiri belum mengetahui hingga kapan dirinya akan rehat dari panggung dan industri musik. “Rehatnya enggak tahu sampai kapan. Tapi yang pasti ini bukan gimmick, jadi saya mau ucapin terima kasih kepada kalian yang selama ini dukung saya,” kata Fiersa.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement