Rabu 02 Oct 2024 14:41 WIB

Hari Batik Nasional 2 Oktober, Ini Tips Cuci dan Simpan Batik Agar tak Cepat Kusam

Mengucek terlalu keras dapat merusak motif batik.

Red: Qommarria Rostanti
Sejumlah karyawan perkantoran mengenakan batik (ilustrasi). Beberapa tips untuk mencuci dan menyimpan batik agar tetap awet dan tidak kusam atau luntur.
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah karyawan perkantoran mengenakan batik (ilustrasi). Beberapa tips untuk mencuci dan menyimpan batik agar tetap awet dan tidak kusam atau luntur.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Hari Batik Nasional diperingati setiap 2 Oktober. Peringatan ini tak sekadar sebagai momentum untuk menunjukkan kebanggaan terhadap batik sebagai warisan budaya bangsa, tetapi juga sebagai upaya melestarikan kain tradisional yang telah diakui oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada tahun 2009.

Asal-usul batik memiliki akar sejarah yang panjang dan menggambarkan kekayaan budaya serta seni yang tinggi. Kain batik merangkum berbagai motif yang menyiratkan filosofi dan nilai-nilai luhur, yang diturunkan dari generasi ke generasi. Dari motif keraton yang sarat dengan simbolisme keagungan hingga motif pesisir yang kaya akan warna dan bentuk, batik menjadi cermin dari keragaman budaya Indonesia.

Baca Juga

Namun, tak hanya cukup mengenakan batik dalam berbagai kesempatan, menjaga dan merawatnya dengan baik juga menjadi tanggung jawab kita semua. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencuci dan menyimpan batik agar tetap awet dan tidak kusam atau luntur:

Tips Mencuci Batik

1. Cuci dengan tangan

Disarankan untuk mencuci batik secara manual dengan tangan guna menghindari kerusakan serat kain. Gunakan air bersih bersuhu normal dan hindari penggunaan mesin cuci yang dapat merusak tekstur dan warna batik.

2. Gunakan sabun khusus atau detergen lembut

Pilihlah sabun khusus batik atau detergen lembut yang tidak mengandung pemutih. Sabun khusus batik biasanya mengandung bahan yang lebih ramah terhadap serat dan pewarna kain, sehingga batik tetap terjaga keindahannya.

3. Hindari mengucek terlalu keras

Mengucek terlalu keras dapat merusak motif batik. Cukup rendam batik selama 10-15 menit dan bilas dengan lembut. Hindari perendaman yang terlalu lama karena dapat mempengaruhi warna kain.

4. Tidak memeras terlalu kencang

Setelah mencuci, hindari memeras kain batik terlalu kencang. Cukup ditekan-tekan dengan lembut lalu dijemur di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung guna menjaga warna kain tetap cerah.

Tips Menyimpan Batik

1. Cuci dan keringkan dengan baik

Pastikan kain batik benar-benar bersih dan kering sebelum disimpan. Kain yang lembab atau kotor dapat memicu tumbuhnya jamur dan menyebabkan kain kusam.

2. Gantung dengan hanger berlapis kain

Sebaiknya gantung kain batik menggunakan hanger yang dilapisi kain atau plastik untuk menghindari bekas lipatan atau tanda hanger pada kain.

3. Simpan di tempat yang kering dan gelap

Simpan batik di tempat yang kering serta terhindar dari sinar matahari langsung dan kelembapan tinggi. Anda juga dapat menambahkan silica gel atau kapur barus di dalam lemari untuk menjaga kelembapan.

4. Gunakan kertas minyak atau tisu putih

Selingi setiap lapisan batik dalam lipatan dengan menggunakan kertas minyak atau tisu putih guna mencegah terjadinya gesekan antara motif kain yang dapat menyebabkan pudar warna.

Dengan memperhatikan cara mencuci dan menyimpan batik secara benar, kita turut serta dalam melestarikan kekayaan budaya dan warisan leluhur. Pada peringatan Hari Batik Nasional ini, mari kita lebih menghargai dan menjaga batik agar selalu menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

*Artikel ini dibuat oleh AI dan telah diverifikasi Tim Redaksi

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement