Rabu 02 Oct 2024 17:04 WIB

Sering Bertengkar dengan Pasangan karena Uang? Begini Kiat Menghindarinya Menurut Ahli

Uang menjadi salah satu hal yang sering diperdebatkan seseorang dengan pasangannya.

Red: Qommarria Rostanti
Pasangan suami istri bertengkar karena masalah keuangan (ilustrasi). Ada beberapa kiat dari para ahli untuk menghindari pertengkaran karena uang.
Foto: www.freepik.com.
Pasangan suami istri bertengkar karena masalah keuangan (ilustrasi). Ada beberapa kiat dari para ahli untuk menghindari pertengkaran karena uang.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Dari pertengkaran konyol hingga pertengkaran serius, ada berbagai macam konflik yang mungkin dialami pasangan suami istri dalam rumah tangga mereka. Uang menjadi salah satu hal yang cukup sering diperdebatkan orang dengan pasangannya.

"Realitas yang tidak menyenangkan adalah bahwa pasangan bisa berpisah karena masalah keuangan. Dalam hal pasangan yang sudah menikah, penelitian mengungkapkan bahwa konflik keuangan adalah salah satu penyebab utama perceraian di AS," kata psikolog berlisensi dan penasihat media Hope for Depression Research Foundation, Michele Goldman, PhD, dikutip dari laman Best Life pada Rabu (2/10/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan, meskipun pertengkaran tentang uang mungkin bukan penyebab langsung berakhirnya hubungan, itu bisa menjadi pemicu stres yang menciptakan keretakan di antara pasangan. "Begitu keretakan itu muncul, perilaku tidak sehat lainnya dapat muncul dalam hubungan, seperti berkurangnya keintiman emosional, berkurangnya keintiman fisik berkurangnya komunikasi, dan banyak lagi," ujarnya.

Bagaimana Anda dapat menghindari pertengkaran tentang uang? Berikut ini enam saran dari para ahli yang mungkin bisa Anda ikuti:

1. Ngobrol santai tentang uang

Pembicaraan tentang uang tidak harus menjadi sesuatu yang Anda takuti. Apakah Anda telah bersama selama beberapa bulan atau beberapa tahun, Anda dapat melakukan pembicaraan tentang keuangan yang mempererat ikatan. "Pasangan harus memanfaatkan waktu bersama untuk membicarakan tentang uang, bagaimana perasaan mereka tentang uang, dan bagaimana uang ditangani atau dibicarakan dalam keluarga mereka saat tumbuh dewasa," ujar terapis seks dan pasangan Catherine Dukes, LCSW.

2. Adakan pemeriksaan bulanan

Menjaga keuangan yang sehat bukan hal yang bisa dilakukan sekali saja. Terapis merekomendasikan untuk melakukan pemeriksaan bulanan untuk memastikan Anda tetap selaras.

"Saat pasangan melakukan pemeriksaan, mereka harus meninjau status keuangan saat ini, membahas pembelian atau investasi besar yang dilakukan sejak pemeriksaan terakhir, tagihan yang perlu dibayar, dan merencanakan pengeluaran mendatang," kata Steve Carleton, LCSW.

"Mereka juga harus meninjau anggaran untuk memastikan mereka tetap dalam batas pengeluaran, dan memperbarui tujuan mereka agar sesuai dengan perubahan yang terjadi sejak peninjauan terakhir," kata dia lagi.

3. Kenali pemicu pengeluaran masing-masing

Menurut Goldman, orang biasanya memiliki pemicu tertentu yang menyebabkan mereka menghabiskan uang. Pemicu ini dapat mencakup tingkat stres yang lebih tinggi atau waktu-waktu tertentu dalam setahun, seperti musim liburan. "Jika pengeluaran terjadi karena pemicu, pelajari dari pemicu tersebut dan gunakan ini untuk merencanakan pemicu di masa mendatang," kata Goldman.

4. Tetap jujur

Jangan pernah mencoba menyembunyikan rahasia keuangan dari pasangan Anda, sekecil apa pun. "Bersikap jujur ​​satu sama lain tentang uang dapat membantu pasangan menghindari pertengkaran karena hal itu membantu mereka memahami tujuan, sikap, dan kebiasaan keuangan masing-masing," jelas Carleton.

Dia menyebut ketika kedua pasangan bersikap transparan dan terbuka tentang keuangan, mereka dapat membuat anggaran yang paling sesuai untuk keduanya, mengidentifikasi area yang mungkin perlu dikompromikan atau diubah untuk mengurangi potensi konflik, dan meninjau keuangan mereka bersama-sama untuk memastikan mereka memiliki pandangan yang sama.

5. Hargai dan hormati perbedaan

Tidak peduli seberapa banyak Anda berbicara dan mencoba untuk mencapai kesepakatan, tidak dapat dihindari bahwa Anda akan memiliki hubungan yang berbeda dengan pasangan Anda dengan uang. Menurut Goldman, berusaha untuk mengenali dan menghormati perbedaan dapat menjadi faktor penting dalam mengurangi pertengkaran tentang uang.

"Memahami akar mengapa orang membuat keputusan tertentu memungkinkan kita untuk lebih menghormati dan menghargai mereka, hal itu meningkatkan empati dan mengurangi penilaian," ujarnya.

6. Bekerja sama dengan perencana keuangan

Jika Anda dan pasangan benar-benar kesulitan untuk mencapai kesepakatan dalam hal uang, mungkin ada baiknya menyewa perencana keuangan. "Meskipun mungkin tidak diperlukan untuk semua orang, dan tentu saja merupakan hak istimewa karena biayanya, memiliki pihak ketiga yang tidak memihak yang membantu mengarahkan percakapan tentang uang bisa sangat membantu," kata Goldman.  Dia mengatakan pihak ketiga yang tidak memihak dapat membantu memberikan informasi, melihat keuangan bersama, membuat batasan pengeluaran, anggaran, mendiskusikan cara membelanjakan dengan cara yang terbaik untuk masa depan pasangan, membantu menetapkan tujuan keuangan, dan banyak lagi.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement