Kamis 03 Oct 2024 23:04 WIB

ASICS Ajak Pekerja Kantoran Desk Break 15 Menit untuk Kesehatan Mental

Hanya dengan 15 menit aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan mental.

Red: Qommarria Rostanti
ASICS bekerja sama dengan aktor Brian Cox untuk luncurkan kampanye 15 menit Desk Break.
Foto: Dok. ASICS
ASICS bekerja sama dengan aktor Brian Cox untuk luncurkan kampanye 15 menit Desk Break.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Jenama peralatan olahraga ASICS mengumumkan inisiatif global 15 menit desk break untuk mendukung Hari Kesehatan Mental Sedunia pada 10 Oktober 2024 yang diluncurkan serentak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Tema resmi kampanye tahun ini mengingatkan para pekerja kantoran untuk istirahat dari duduk di depan meja dengan melakukan aktivitas selama 15 menit.

Hal itu sejalan dengan keyakinan ASICS sejak lama bahwa gerakan sangat penting bagi kesehatan tubuh dan pikiran. Pada hari ini, Kamis (3/10/2024) ASICS mengajak para pekerja kantoran di seluruh dunia untuk bergabung dalam gerakan desk break dengan mengambil istirahat 15 menit dari meja mereka untuk bergerak dan merasakan manfaatnya bagi kesehatan mental.

Baca Juga

Penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan berbasis meja yang berkepanjangan berdampak negatif pada kesejahteraan mental, dengan tingkat stres meningkat secara signifikan hanya empat jam kerja terus menerus. Namun, penelitian dari ASICS yang dipimpin oleh dr Brendon Stubbs dari King’s College London menunjukkan bahwa hanya dengan 15 menit aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan mental, mengurangi stres, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

ASICS, singkatan dari Anima Sana in Corpore Sano atau "jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat" selalu percaya pada kekuatan gerakan untuk meningkatkan tubuh dan pikiran. ASICS berkomitmen untuk menciptakan tempat kerja yang lebih sehat dengan mendorong karyawan untuk beristirahat bergerak secara teratur sepanjang hari mereka.

Inisiatif desk break tahun ini merupakan kelanjutan dari misi tersebut, menginspirasi pekerja kantoran di seluruh dunia untuk memprioritaskan kesehatan mental mereka melalui kebiasaan sederhana sehari-hari. Penelitian global menunjukkan bahwa kondisi mental kita mulai menurun setelah hanya dua jam bekerja terus-menerus di meja, tetapi hanya dengan 15 menit berolahraga dapat membantu memulihkan efek tersebut.

Eksperimen desk break menemukan bahwa istirahat gerak selama 15 menit setiap hari meningkatkan kesejahteraan mental sebesar 22,5 persen, dengan peserta melaporkan penurunan stres yang signifikan dan peningkatan produktivitas. Inisiatif ini juga menekankan bahwa istirahat gerak singkat tidak hanya menguntungkan individu, tetapi juga membantu menciptakan karyawan yang lebih loyal dan terlibat, dengan 79,2 persen peserta menyatakan bahwa mereka akan merasa lebih setia untuk memberitakan kerja yang mengutamakan kesehatan mental.

Puncaknya dengan Gerakan ini ASICS telah bekerja sama dengan aktor Brian Cox, yang terkenal karena berjanji sebagai tokoh otoritas, untuk menyampaikan Pengumuman Layanan Masyarakat (Pengumuman Layanan Masyarakat/PSA) yang kuat tentang bahaya tersembunyi dari pekerjaan meja yang berkepanjangan. PSA ini akan mengajak pekerja untuk berdiri, bergerak, dan melindungi kesehatan mental mereka.

ASICS mengajak pekerja kantor di mana saja untuk berpartisipasi dalam desk break challenge dengan menggunakan aplikasi Runkeeper dan membagikan gambar meja kosong mereka di media sosial dengan tagar #DeskBreak. Setiap gambar yang diposting akan mengumpulkan dana untuk amal kesehatan mental di seluruh dunia. Pengguna baru aplikasi Runkeeper juga akan mendapatkan akses premium selama 90 hari, sehingga lebih mendorong kebiasaan pengembangan yang sehat. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement