Selasa 22 Oct 2024 09:56 WIB

Tidur Nggak Nyaman? Mungkin Sudah Waktunya Kasur Diganti, Ini 5 Tandanya

Kasus yang memiliki tanda ini dinilai dapat berdampak negatif pada kualitas tidur.

Red: Qommarria Rostanti
Kasur (ilustrasi). Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kasur Anda harus diganti.
Foto: www.freepik.com
Kasur (ilustrasi). Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kasur Anda harus diganti.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Apakah kasur Anda sudah terasa tak nyaman dan menggangu tidur? Jika Anda bangun setiap pagi dan merasa tidak segar, mungkin sudah saatnya untuk menggantinya.

Kasur lama yang sudah melewati masa pakai yang direkomendasikan dinilai dapat berdampak negatif pada kualitas tidur. "Dukungan yang berkurang dan permukaan yang tidak rata dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit yang menyebabkan banyak pergeseran sepanjang malam,” kata dr Dustin Cotliar kepada Sleep Foundation.

Baca Juga

Hal ini sangat mengkhawatirkan karena tidur adalah kunci kesehatan yang baik. “Tidur sangat penting untuk setiap proses dalam tubuh, yang memengaruhi fungsi fisik dan mental kita keesokan harinya, kemampuan kita untuk melawan penyakit dan mengembangkan kekebalan tubuh, serta metabolisme dan risiko penyakit kronis kita,” kata dr Erica Jansen melalui Michigan Health.

Kasur yang bagus dapat membuat perbedaan antara tidur malam yang nyenyak dan tidur gelisah. Berikut ini lima tanda kasur Anda perlu diganti:

1. Kasur Sudah Tua

Kapan Anda membeli kasur? Jika sudah lebih dari 10 tahun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli yang baru. "Meskipun Anda mungkin ingin tidur di kasur Anda saat ini selamanya, pikirkan tentang keausan yang dialaminya, gerakan Anda setiap malam, berkeringat, penambahan atau penurunan berat badan, kehadiran anak, hewan peliharaan, atau pasangan," kata Casper.

2. Kasur Kendur dan Bergelombang

Keausan alami tidak dapat dihindari. Jika kasur Anda kendur dan bergelombang, inilah saatnya untuk menggantinya. "Ketika bantalan di dalam kasur bergeser seiring waktu, Anda mungkin melihat benjolan di kasur Anda," kata Casper.

"Kepadatan yang tidak merata ini dapat berarti Anda tidak tertopang di tempat yang seharusnya. Hal ini juga dapat menyebabkan titik-titik tekanan yang tidak nyaman. Meskipun benjolan lebih umum terjadi pada kasur berkualitas rendah, hal ini juga dapat terjadi pada kasur kelas atas yang sudah tidak layak pakai," jelasnya.

3. Bangun dengan Rasa Sakit dan Nyeri

Fungsi terpenting kasur adalah menopang tubuh Anda dengan baik saat Anda tidur. Jika Anda terus-menerus terbangun dengan rasa sakit dan nyeri, kemungkinan kasur Anda tidak lagi berfungsi dengan baik.

"Sakit punggung adalah keluhan umum di antara orang-orang dengan kasur lama atau usang. Ketika kasur tidak lagi memberikan dukungan yang memadai, hal itu dapat menyebabkan ketidaksejajaran tulang belakang, yang memberi tekanan pada otot dan sendi. Hal ini dapat mengakibatkan nyeri dan kekakuan saat bangun tidur," kata American Mattress.

4. Anda Dapat Melihat dan Merasakan Pegasnya

Jika Anda dapat merasakan dan melihat pegas yang menyembul melalui kasur, artinya kasur tersebut harus diganti. Kasur pegas, yang memiliki sistem penyangga pegas, merupakan pilihan populer bagi banyak orang. Namun, kasur ini cenderung memiliki masa pakai yang lebih pendek dibandingkan dengan jenis kasur lainnya.

"Rata-rata, kasur pegas bertahan sekitar 6 hingga 8 tahun. Kualitas pegas dan konstruksi kasur secara keseluruhan dapat memengaruhi keawetannya,"  kata American Mattress.

5. Masalah Alergi

Kasur lama dapat memperburuk gejala alergi. Menurut Amerisleep, tungau, debu, dan alergen umum dapat menumpuk di kasur seiring waktu. Makhluk mikroskopis ini berkembang biak di lingkungan yang hangat dan lembap serta memakan sel kulit mati. Kotorannya dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang, yang menyebabkan gejala seperti bersin, batuk, gatal, atau hidung tersumbat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement