Selasa 22 Oct 2024 07:57 WIB

Pengguna iPhone 16 Keluhkan Baterai yang Lebih Boros

Pengguna iPhone 16 tidak bisa menurunkan versi iOS mereka ke versi yang lebih lama.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tampilan model iPhone 16.  Pengguna iPhone 16 dan iPhone 16 Pro mengungkapkan kekecewaannya terkait performa baterai yang dinilai kurang sesuai dengan ekspektasi.
Foto: Dok. EPA-EFE/PETER DASILVA
Tampilan model iPhone 16. Pengguna iPhone 16 dan iPhone 16 Pro mengungkapkan kekecewaannya terkait performa baterai yang dinilai kurang sesuai dengan ekspektasi.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA – Pengguna iPhone 16 dan iPhone 16 Pro mengungkapkan kekecewaannya terkait performa baterai yang dinilai kurang sesuai dengan ekspektasi. Keluhan ini muncul di komunitas pengguna di Reddit seperti dilaporkan Forbes.

Masalah ini muncul dengan sendirinya ketika smartphone masuk ke mode standby. Alih-alih mengurangi penggunaan daya baterai, iPhone justru menarik lebih banyak daya sehingga memengaruhi durasi standby. Hal ini terutama terlihat bagi mereka yang tidak membiarkan ponselnya terisi daya semalaman.

Baca Juga

Seperti ponsel pintar lainnya, iPhone selalu terhubung dengan koneksi internet, mendukung fitur latar belakang seperti “Find My iPhone”. Meskipun ada beberapa cara untuk menghemat baterai, seperti mengaktifkan mode daya rendah dan membatasi layanan latar belakang, namun itu semua hanya bersifat sementara dan bukan solusi jangka panjang.

Dilansir Forbes, Selasa (22/10/2024), penyebab utama masalah ini kemungkinan terletak pada versi terbaru iOS. Pada pratinjau di WWDC pada Juni, iOS 18 memulai debutnya bersamaan dengan keluarga handset iPhone 16 yang baru. Sayangnya, pengguna iPhone 16 tidak bisa menurunkan versi iOS mereka ke versi yang lebih lama.

Pengguna iPhone lawas yang telah memutakhirkan perangkat mereka ke iOS 18 juga menghadapi masalah yang sama, menunjukkan bahwa masalah baterai ini terkait disebabkan oleh perangkat lunak.

Mengingat hal itu, perbaikan seharusnya segera dilakukan oleh Apple. Perusahaan ini secara historis telah meluncurkan pembaruan kecil ke iOS untuk mengatasi masalah boros baterai pada model sebelumnya. Sampai saat ini belum ada kabar resmi mengenai jadwal pembaruan.

Selain itu, pemilik iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max juga menghadapi laporan mengenai ponsel yang membeku secara acak dan bahkan reboot tiba-tiba. Beberapa pengguna melaporkan ponsel mereka restart tanpa sebab yang jelas pada malam hari, saat memulihkan data dari iCloud, dan saat terhubung ke CarPlay.

Apple kemungkinan sedang bekerja untuk mencari solusi dari permasalahan ini. Berdasarkan permasalahan sebelumnya, pembaruan iOS di masa mendatang diharapkan dapat memperbaiki problematika baterai hingga performa ponsel.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement