Jumat 25 Oct 2024 19:41 WIB

3 Jenis Olahraga yang Dipercaya Ampuh Cegah Stroke

Terdapat 3 jenis rutinitas aktivitas fisik untuk mencegah risiko terjadinya stroke.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Renang (ilustrasi). Terdapat tiga jenis olahraga untuk mencegah risiko terjadinya stroke.
Foto: www.freepik.com
Renang (ilustrasi). Terdapat tiga jenis olahraga untuk mencegah risiko terjadinya stroke.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Gaya hidup modern yang semakin minim aktivitas fisik dinilai menjadi salah satu pemicu utama stroke. Namun, kabar baiknya adalah risiko stroke dapat ditekan dengan rutin melakukan aktivitas fisik.

Dokter yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) dr Elina Widiastuti membagikan sejumlah aktivitas fisik yang dapat diterapkan secara rutin untuk mencegah risiko penyakit stroke. Ia menjelaskan, aktivitas fisik dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan jantung serta mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang menjadi penyebab munculnya gejala stroke.

Baca Juga

"Aktivitas fisik ini memberikan manfaat yang sangat baik terhadap jantung dan pembuluh darah," kata Elina dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Jumat (25/10/2024).

Ia menjelaskan, terdapat tiga jenis rutinitas aktivitas fisik untuk mencegah risiko terjadinya stroke. Pertama adalah aktivitas fisik aerobik seperti berlari, bersepeda, dan berenang yang dilakukan secara berulang.

Untuk aktivitas fisik aerobik dengan intensitas sedang, dianjurkan dilakukan selama 150 menit hingga 300 menit setiap pekannya. Sedangkan untuk intensitas berat, dianjurkan selama 75 menit sampai 150 menit per pekan.

"Kalau kita lakukan itu sebanyak lima kali dalam satu pekan, kita bisa lakukan setiap kali berjalan itu misalnya sekitar setengah jam atau kalau kita lakukan sebanyak tiga kali (dalam satu pekan) berarti kita lakukan minimal per kalinya 50 menit," ujarnya.

Selain aktivitas aerobik, Elina merekomendasikan jenis aktivitas fisik kedua yang sifatnya menguatkan otot, terutama otot-otot besar pada tubuh, sebanyak dua sampai tiga kali per pekan. Beberapa kegiatan kebugaran seperti latihan fisik di gym, pilates, dan yoga cocok untuk melatih otot.

Terakhir, ia menekankan pentingnya membatasi gaya hidup sedenter atau jarang bergerak, yang umumnya terjadi pada para pekerja kantoran, dengan mengurangi waktu duduk ketika bekerja. "Kemudian perbanyak langkah. Dari studi menyebutkan bahwa jika kita bisa berjalan lebih dari 5.000 langkah per hari itu akan sangat baik manfaatnya untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, apalagi jika bisa lebih dari 7.500 langkah per hari itu dapat menurunkan risiko kematian," ujar Elina.

Dokter dari Perhimpunan Dokter Spesialis Neurologi Indonesia (Perdosni) dr Dodik Tugasworo mengatakan gaya hidup yang tidak sehat seperti kurang aktivitas fisik hingga pola makan tinggi lemak dan gula merupakan faktor risiko stroke pada usia muda. Dodik menganjurkan penerapan slogan 3O + 1D yakni olahraga 30 menit setiap hari, olah seni atau menjalani hobi dan kegiatan yang membuat hati senang, olah jiwa atau mendekatkan diri dengan Tuhan dan tidak melakukan sesuatu secara terburu-buru, serta diet sehat dengan mengurangi konsumsi makanan berlemak.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement