Senin 28 Oct 2024 12:49 WIB

Tuai Kontroversi, Bandara Incheon Korea Batalkan Rencana Pintu Khusus Artis

Bandara Incheon semula berencana menyediakan pintu khusus untuk artis terkenal.

Red: Qommarria Rostanti
Bandara Internasional Incheon, di Incheon, Korea Selatan (ilustrasi). Pihak bandara Incheon membatalkan rencana pintu khusus artis.
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Bandara Internasional Incheon, di Incheon, Korea Selatan (ilustrasi). Pihak bandara Incheon membatalkan rencana pintu khusus artis.

AMEERALIFE.COM, INCHEON -- Bandara Internasional Incheon di Korea Selatan membatalkan rencananya untuk menyediakan gerbang masuk khusus bagi selebritas. Keputusan ini dibuat setelah banyaknya kritik publik Korea atas perlakuan istimewa tersebut. 

Sebelumnya, setelah pengumuman awal dibuat, timbul kontroversi atas keamanan yang berlebihan bagi selebritas di bandara. Pada 27 Oktober waktu Korea Selatan, perusahaan Bandara Internasional Incheon mengumumkan, "Mengingat berbagai pendapat yang muncul selama audit parlemen dan liputan media, kami tidak akan menerapkan prosedur masuk khusus bagi individu terkenal yang menyebabkan kerumunan padat, yang dijadwalkan pada 28 Oktober".

Baca Juga

Pihak bandara berencana mengumpulkan lebih banyak masukan dan meninjau praktik bandara di luar negeri untuk memastikan keselamatan pengguna bandara dan mengelola kepadatan kerumunan tanpa masalah. Sebelumnya, pada 23 Oktober, perusahaan telah mengirimkan dokumen yang meminta kerja sama terkait prosedur bagi selebritas untuk menggunakan gerbang masuk khusus di Bandara Incheon.

Menurut pihak bandara, selebritas dan tokoh masyarakat yang mengajukan permohonan awal dapat menggunakan gerbang khusus untuk keberangkatan mulai 28 Oktober. Langkah ini dianggap sebagai respons terhadap kontroversi pada Juli, di mana petugas keamanan pribadi aktor Byun Woo-seok menggunakan senter pada penumpang bandara dan mengendalikan akses gerbang, yang memicu perdebatan tentang keamanan yang berlebihan. Insiden tersebut menyoroti masalah keselamatan karena banyaknya kerumunan yang berkumpul selama kedatangan dan keberangkatan selebritas.

Usulan untuk gerbang selebritas terpisah dengan cepat menimbulkan tuduhan perlakuan istimewa, dengan penggunaan gerbang masuk kru dan pilot yang menyebabkan reaksi publik dan perasaan tidak adil di antara para penumpang umum. Masalah ini semakin memanas ketika terungkap bahwa perusahaan tersebut terutama telah mengirimkan pemberitahuan kepada agensi besar.

Selama sesi parlemen pada 24 Oktober, Perwakilan Jeon Yong-ki mengkritik hal ini. Dia mengatakan pemberitahuan itu bahkan tidak dikirim ke Mulgogi Music, yang mewakili Lim Young-woong. "Mengapa itu diizinkan untuk Byun Woo-seok tetapi tidak untuk Lim Young-woong?", ujarnya dikutip dari laman Allkpop pada Senin (28/10/2024).

Dengan masalah yang belum terselesaikan atas kriteria kelayakan dan keadilan, perusahaan tersebut akhirnya menarik rencana tersebut sehari sebelum pelaksanaannya. Fokus sekarang beralih ke bagaimana Bandara Internasional Incheon akan mengatasi masalah kepadatan yang terkait dengan kedatangan dan keberangkatan selebritas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement