Ahad 26 Feb 2023 16:23 WIB

Tertular Penyakit Mematikan Setelah Menginap di Vila, Warga Inggris Gugat Airbnb

Keluarga korban sedang berupaya menempuh jalur hukum untuk menuntut Airbnb.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Penginapan yang dipesan melalui Airbnb (Ilustrasi). Airbnb mengaku sedang melakukan investigasi atas insiden yang terjadi pada Pamela Farman, warga Inggris yang tertular penyakit Legionnaires setelah menginap di vila Airbnb di Florida, AS.
Foto:

Mengenal Penyakit Legionnaires

Penyakit Legionnaires dikenal sebagai pembunuh diam-diam karena gejalanya tampak mirip seperti keluhan batuk pilek biasa. Padahal, infeksi bakteri yang mengenai paru-paru pasien penyakit Legionnaires bisa memicu terjadinya pneumonia yang fata.

Penularan penyakit Legionnaires kerap terjadi di kolam renang, rumah sakit, hotel, serta melalui pendingin ruangan kantor yang memiliki pasokan air terkontaminasi. Orang-orang berusia 45 tahun ke atas umumnya lebih berisiko terhadap penyakit ini.

National Health Service di Inggris mengungkapkan bahwa penularan penyakit Legionnaires bisa terjadi ketika seseorang menghirup droplet air yang terkontaminasi. Sebagai contoh droplet air terkontaminasi dari pendingin ruangan atau hot tub.

Penyakit Legionnaires bisa memunculkan gejala seperti batuk, kesulitan bernapas, nyeri dada, demam tinggi, dan gejala mirip flu. Orang-orang dianjurkan menghubungi atau mendatangi layanan kesehatan darurat bila merasakan gejala seperti tak bisa bernapas dengan benar, nyeri dada, atau merasakan gejala flu berat.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Advertisement
Advertisement