Selasa 04 Apr 2023 20:48 WIB

Ciri-Ciri Bayi Bermasalah dengan Tongue-Tie: Bibirnya Lecet

Tidak semua kasus tongue-tie harus dioperasi.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu menyusui bayinya. Pada beberapa bayi, kondisi tongue-tie bisa membatasi gerakan lidah sehingga membuatnya lebih sulit untuk menyusu.
Foto:

Jika salah satu dari gejala-gejala ini terlihat pada bayi, orang tua dianjurkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan yang terlatih dalam bidang tongue-tie. Dokter Tadros mengingatkan tidak semua dokter anak atau dokter gigi memiliki pengetahuan untuk mengenali atau mendiagnosis tongue-tie.

Salah satu tindakan untuk tongue-tie adalah dengan produser memotong frenulum bayi yang menghubungkan bagian bawah lidah ke bagian bawah mulut. Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), ini adalah prosedur yang cepat, sederhana, dan hampir tidak menimbulkan rasa sakit.

Setelah tindakan, biasanya kemampuan makan si kecil langsung meningkat. Tongue-tie yang tidak ditangani mungkin tidak menimbulkan masalah seiring bertambahnya usia anak. Untuk sebagian kasus, tongue-tie juga dapat menyebabkan masalah seperti kesulitan berbicara dan kesulitan mengonsumsi makanan tertentu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement