Kamis 01 Feb 2024 14:45 WIB

Lagu-Lagu dari Musisi Universal Music Group Bakal Hilang dari TikTok, Ini Penyebabnya

Pengguna TikTok nantinya tak bisa pakai lagu Taylor Swift, Billie Eilish, hingga SZA.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Logo TikTok. Universal Music Group belum menyetujui persyaratan perjanjian baru dengan TikTok.
Foto:

Beberapa artis terkemuka yang terdampak oleh keputusan ini termasuk Taylor Swift, Bad Bunny, Sting, The Weeknd, Alicia Keys, SZA, Drake, Billie Eilish, Kendrick Lamar, dan banyak lainnya. TikTok, sebagai platform yang sangat populer untuk membuat dan berbagi video menggunakan musik berlisensi, telah menjadi wadah bagi artis dan lagu-lagu untuk menjadi tren viral.

Menanggapi pernyataan UMG, TikTok menyatakan rasa kekecewaan. TikTok menyebut tindakan UMG sebagai keserakahan.

TikTok mengeklaim bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan label dan penerbit lainnya. TikTok menilai bahwa UMG lebih mementingkan perusahaannya sendiri alih-alih artis dan penggemarnya.

Di sisi lain, UMG juga menyoroti masalah keamanan daring di TikTok. UMG mencatat bahwa platform tersebut kurang berusaha mengatasi konten yang melanggar hak cipta dan tidak memberikan solusi yang memadai terhadap masalah kebencian, intimidasi, dan pelecehan.

Belum ada konfirmasi mengenai dampak langsung bagi artis atau lagu-lagu tertentu, tetapi,keputusan ini memunculkan kekhawatiran di kalangan penggemar K-pop dan musik secara umum. Apalagi, mengingat pengaruh besar TikTok dalam menyebarkan dan memopulerkan lagu-lagu baru.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement