Senin 06 May 2024 12:14 WIB

Pemain Film Titanic dan Lord of the Rings, Bernard Hill, Meninggal Dunia

Aktor Bernard Hill meninggal dunia pada usia 79 tahun.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Bernard Hill ketika berperan di film Titanic. Bernard Hill meninggal dunia pada usia 79 tahun, Ahad (5/5/2024).
Foto: Dok. 20th Century Fox
Aktor Bernard Hill ketika berperan di film Titanic. Bernard Hill meninggal dunia pada usia 79 tahun, Ahad (5/5/2024).

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Aktor Inggris Bernard Hill meninggal dunia pada Ahad (5/5/2024) dalam usia 79 tahun. Selama lebih dari lima dekade kariernya, Hill memerankan banyak karakter ikonik di deretan film populer, termasuk dalam film Titanic dan Lord of the Rings.

Dikutip dari laman MovieWeb, Senin (6/5/2024), kabar duka berpulangnya Hill disampaikan oleh agen yang mewakilinya, Lou Coulson. Hill sebenarnya dijadwalkan hadir di ComicCon pada Sabtu, 4 Mei 2024 di Liverpool, Inggris, namun dibatalkan karena kondisinya tidak memungkinkan.

Baca Juga

Setelah mengetahui Hill berpulang, penyelenggara ComicCon Liverpool membuat unggahan belasungkawa di akun Instagram @comicconlpool. "Kami sangat berduka mendengar berita meninggalnya Bernard Hill. Sebuah kehilangan yang sangat besar. Simpati kami untuk keluarganya di saat yang penuh kesedihan ini, semoga mereka diberikan kekuatan," ujar penyelenggara ComicCon Liverpool.

Penghormatan terhadap mendiang Bernard Hill juga disampaikan oleh Direktur Drama BBC, Lindsay Salt. Salt mengatakan, Hill merintis jejaknya di layar kaca, dan karier jangka panjangnya yang dipenuhi dengan peran ikonik adalah bukti bakatnya yang luar biasa. 

"Dari "Boys from the Blackstuff", hingga "Wolf Hall", "The Responder", dan banyak lagi, kami benar-benar merasa terhormat telah bekerja dengan Bernard di BBC. Simpati kami tertuju pada orang-orang yang dicintainya di masa berduka ini," kata Salt.

Bernard Hill lahir di lingkungan kelas pekerja di Blackley, Manchester, Inggris, pada 1944. Perjalanannya berkecimpung di dunia akting dimulai di Sekolah Drama Politeknik Manchester, yang segera diikuti oleh banyak peran televisi pada pertengahan tahun 1970-an.

Sang aktor mendapat pujian atas perannya sebagai Yosser Hughes di serial drama BBC, "The Black Stuff", beserta sekuelnya, "Boys from the Blackstuff". Penggambarannya sebagai pria putus asa yang selalu mencari pekerjaan menjadi identik dengan krisis pengangguran yang terjadi di Inggris pada saat itu.  

Karier Hill di layar kaca juga mencakup penampilan penting dalam tayangan drama sejarah seperti di serial "I, Claudius" dan sebagai sosok John Lennon dalam tayangan "A Journey in the Life". Periode 1980-an dan 1990-an, Hill memperluas aktingnya ke film.  

Dia muncul di film Gandhi karya Richard Attenborough, juga di Shirley Valentine, Mountains of the Moon, dan banyak lainnya. Perannya dalam film Titanic sebagai Kapten Edward J Smith dan di trilogi The Lord of the Rings sebagai Raja Theoden menandai titik puncak upaya sinematiknya.

Dua peran itu berkontribusi pada rekor unik Hill di Oscar. Hill mendapat penghargaan sebagai satu-satunya aktor yang tampil dalam dua film yang memenangkan 11 Oscar. Sepanjang kariernya, Hill tampil dalam berbagai genre film maupun serial. 

Hill menjadi pengisi suara dalam film animasi komedi horor ParaNorman, hingga film aksi The Scorpion King serta film Tom Cruise tahun 2008, Valkyrie. Salah satu peran terakhirnya adalah dalam drama BBC "The Responder", yang dibintangi oleh Martin Freeman. Musim kedua serial tersebut tayang pada 5 Mei 2024, di hari yang sama dengan hari Hill berpulang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement