Kamis 27 Jun 2024 19:47 WIB

Hindari Kebutaan Akibat Katarak, Cek Mata dengan Pemeriksaan Rutin

Masyarakat harus menyadari perubahan yang terjadi pada penglihatannya.

Red: Qommarria Rostanti
Mata (ilustrasi). Masyarakat dinilai perlu meningkatkan kesadaran untuk memeriksakan matanya untuk mencegah kebutaan akibat katarak.
Foto: www.freepik.com
Mata (ilustrasi). Masyarakat dinilai perlu meningkatkan kesadaran untuk memeriksakan matanya untuk mencegah kebutaan akibat katarak.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Masyarakat dinilai perlu meningkatkan kesadaran untuk memeriksakan matanya. Menurut dokter spesialis mata lulusan Universitas Hasanuddin dr Ahmad Ashraf Amalius, MPH, M.Kes, SpM(K) mengatakan pemeriksaan mata dapat mencegah meningkatnya angka kebutaan akibat katarak di Indonesia.

“Alasannya dia tidak menyadari karena kekeruhan terjadi perlahan-lahan jadi tidak menyadari perubahan penglihatan, beda kalau penglihatan jadi kabur tiba-tiba,” kata Ahmad yang hadir secara daring dalam diskusi tentang Bulan Kesadaran Katarak, di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan masyarakat harus menyadari perubahan yang terjadi pada penglihatannya seperti pandangan terasa berkabut, ada bayangan lingkaran atau pandangan menjadi keruh. Banyak juga yang tidak menyadari bahwa kondisi tersebut bukanlah hal yang normal dan sering kali menunda berobat karena dirasa masih bisa melakukan aktivitas.

Selain itu, Ahmad mengatakan masyarakat juga masih memiliki rasa takut untuk melakukan operasi katarak karena ada anggapan atau mitos yang beredar di lingkungannya serta masalah biaya dan jarak terhadap akses kesehatan yang terbatas. “Banyak yang keliru pada anggapan kebutaan karena katarak merupakan proses alami yang tidak dapat lagi ditangani sehingga lebih pasrah, padahal ini adalah suatu kondisi yang bisa ditangani dengan operasi,” kata dokter yang juga Ketua Seksi Penanggulangan Buta Katarak (SPBK) Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).

Ahmad menyebut, operasi katarak merupakan solusi yang sangat dianjurkan bagi penderita katarak mulai dari stadium awal atau katarak lunak sampai katarak yang sudah mengeras. Dengan tindakan operasi, dapat menyumbang penurunan angka kebutaan karena katarak di Indonesia yang saat ini sudah mencapai angka 1,8 persen dari survei yang dilakukan The Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) yang dilakukan The International Agency for the Prevention of Blindness bersama WHO tahun 2016-2017. Tindakan operasi kata Ahmad sangat disarankan bagi yang berusia 50 tahun ke atas agar mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik serta dapat meningkatkan produktivitas.

Ia menyebut diperlukan kerja sama dari berbagai sektor mulai dari pemerintah, sektor swasta, hingga publik figur untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebutaan akibat katarak dan mencegah gelombang katarak yang diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya jika tidak dicegah. “Diperlukan juga dukungan kebijakan pemerintah di antaranya memperbaiki fasilitas yang belum didukung pengadaan dan distribusi tenaga kesehatan dan penanganan penyakit yang baik,” kata Ahmad.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement