Senin 09 Sep 2024 20:46 WIB

Lebih dari Setengah Perempuan di Dunia Berhenti Berolahraga, Ini Alasannya

Di Indonesia tercatat hanya 31 persen perempuan yang berolahraga.

Red: Ani Nursalikah
Lebih dari Setengah Perempuan di Dunia Berhenti Berolahraga, Ini Alasannya
Foto:

Berdasarkan data Sport Development Index (SDI) Kemenpora tahun 2023, di Indonesia tercatat hanya 31 persen perempuan yang berpartisipasi dalam kegiatan berolahraga. Angka ini tergolong rendah mengingat banyaknya jumlah penduduk Indonesia.

Namun, meskipun demikian, hasil penelitian juga menyoroti manfaat positif bagi para perempuan yang berolahraga. Sebanyak 52 persen mengalami peningkatan kebahagiaan, 50 persen merasa lebih bertenaga, 48 persen merasa lebih percaya diri, 67 persen mengurangi stres, dan 80 persen merasa lebih sedikit frustasi setelah berolahraga.

Dalam menyambut Hari Perempuan Internasional tahun ini, ASICS meluncurkan inisiatif “Move Her Mind”. Kampanye ini ditujukan kepada perempuan dan komunitas di seluruh dunia untuk mendukung mereka terus bergerak dan berolahraga. Hal ini dilakukan ASICS sebagai upaya meningkatkan minat perempuan berolahraga untuk mendapatkan tubuh, pikiran, dan jiwa yang sehat.

Oleh karena itu, ASICS Indonesia berkomitmen mengajak dan mendukung seluruh komunitas perempuan di Indonesia dalam mendorong minat berolahraga dengan meluncurkan inisiatif globalnya di Indonesia, Move Her Mind. Langkah besar ini ditujukan memberikan dukungan penuh, pemberdayaan, dan menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia untuk aktif bergerak, melalui program-program khusus yang akan diperkenalkan oleh ASICS Indonesia serta akan diawasi langsung oleh pelatih khusus.

"Kami berkomitmen meningkatkan minat perempuan berolahraga karena kami percaya olahraga memiliki kekuatan untuk mengubah hidup. Move Her Mind bukan hanya tentang bergerak, tetapi juga sebuah inspirasi, pemberdayaan, dan dukungan kepada perempuan untuk mencapai potensi penuh mereka melalui berolahraga," ujar Presiden Direktur ASICS Indonesia Sota Fukushima dalam konferensi pers ASICS Move Her Mind Sydney Marathon 2024, Senin (9/9/2024).

Di Indonesia, ASICS melalui rangkaian aktivitas yang dilakukan lewat ASICS Running Club, bekerja sama juga dengan beberapa komunitas tenis, serta para pecinta sneakers, melihat kesempatan bagi perempuan Indonesia untuk menghadapi tantangan dalam berolahraga dengan mendekatkan dan memberikan kesempatan perempuan Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan gaya hidup yang lebih sehat.

Hal ini terlihat dalam meningkatnya partisipasi aktif perempuan di dalam komunitas yang dibina oleh ASICS di ARC (ASICS Running Club). ASICS Indonesia dalam waktu dekat akan mengumumkan rangkaian kegiatan berolahraga serta Brand Ambassador untuk inisiatif Move Her Mind, yang akan menjadi perwakilan dari program-program tersebut.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement