Selasa 10 Sep 2024 09:26 WIB

iPhone 16 Pro dan Pro Max Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

iPhone 16 Pro dan Pro Max memiliki tombol tambahan, apa fungsinya?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tampilan model iPhone 16 Apple yang baru di acara peluncuran produk Glowtime Apple di kampus Apple Park di Cupertino, California, AS, Senin (9/9/2024). Perusahaan tersebut memperkenalkan model iPhone baru, Apple Watch Seri 10 baru, serta AirPods baru.
Foto: Dok. EPA-EFE/PETER DASILVA
Tampilan model iPhone 16 Apple yang baru di acara peluncuran produk Glowtime Apple di kampus Apple Park di Cupertino, California, AS, Senin (9/9/2024). Perusahaan tersebut memperkenalkan model iPhone baru, Apple Watch Seri 10 baru, serta AirPods baru.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Apple secara resmi meluncurkan dua ponsel flagship terbarunya, iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max, pada acara Glowtime yang diadakan di California, AS, pada Senin (9/9/2024) waktu setempat. Kedua ponsel ini memiliki peningkatan dari segi perangkat keras, kamera yang lebih berkualitas, dan fitur baru berupa Apple Intelligence yang menjadi daya tarik utama.

Apple Intelligence (disingkat AI) adalah rangkaian alat kecerdasan buatan yang diluncurkan perusahaan pada seri iPhone 16. Fitur ini mencakup berbagai kecerdasan buatan, seperti pengubahan nada pesan, peningkatan kemampuan Siri, pencarian foto dan video yang lebih baik, serta kontrol kamera yang lebih intuitif. Meskipun Apple Intelligence juga tersedia untuk iPhone 15 Pro dan Pro Max, fitur ini menjadi salah satu alasan kuat bagi pengguna iPhone lama untuk melakukan upgrade.

Baca Juga

Khusus iPhone 16 Pro dan Pro Max terdapat tombol tambahan yang didedikasikan untuk “Visual Intelligence”, fitur AI yang berfokus pada kamera. Dilansir CNET, Selasa (10/9/2024), tombol ini terletak di bawah slot antena di sisi kanan ponsel, di bawah tombol kunci. Dengan menekan tombol ini, pengguna bisa mendapatkan berbagai saran foto dan video secara otomatis, mirip seperti Google Lens. Pengguna juga dapat mengatur zoom dan aperture hanya dengan menggeser jari pada tombol tersebut.

Performa dan spesifikasi

IPhone 16 Pro dan Pro Max didukung oleh chip terbaru Apple, A18 Pro, yang hanya tersedia pada model premium. iPhone 16 Pro hadir dalam berbagai pilihan penyimpanan, mulai dari 128GB hingga 256GB, 512GB, dan 1TB. Adapun iPhone 16 Pro Max mulai dari 256GB dan tersedia dalam pilihan lokal 512GB dan 1TB. Sayangnya, tidak ada dukungan penyimpanan eksternal, sehingga pengguna harus bergantung pada penyimpanan cloud.

Dari segi ukuran, iPhone 16 Pro hadir dengan layar 6,3 inci dan iPhone 16 Pro Max dengan layar 6,9 inci, menjadikannya sebagai iPhone terbesar yang pernah dibuat. Ponsel premium ini masih hadir dengan lapisan titanium yang diperkenalkan tahun lalu dan tidak mengalami peningkatan berat yang signifikan.

Fitur kamera

Menurut laporan CNET, salah satu peningkatan terbesar di sektor kamera adalah kemampuan zoom optic 5x, yang kini tersedia di kedua model 16 Pro dan Pro Max. Baterai yang lebih besar menjadi satu-satunya perbedaan utama antara kedua model ini, dengan Pro memiliki daya tahan hingga 27 jam pemutaran video dan Pro Max hingga 33 jam.

IPhone 16 Pro dan Pro Max juga memiliki kamera utama 48 megapiksel, yang memiliki sensor baru, memungkinkan zoom makro 2x serta kemampuan video 4K pada 120 frame per detik. Selain itu, kedua model ini juga dapat merekam video spasial pada 1080p dengan 30 frame per detik, yang kemudian dapat dilihat pada headset Apple Vision Pro.

Harga dan ketersediaan

IPhone 16 Pro dimulai dengan penyimpanan 128GB dengan harga 999 dolar AS (sekitar Rp 15,4 juta), sedangkan iPhone 16 Pro Max dimulai dengan penyimpanan 256GB dengan harga 1.199 dolar AS (sekitar Rp 18,5 juta). Kedua model ini sudah dapat dipesan pada 13 September dan akan tersedia pada 20 September. Baik iPhone 16 Pro dan Pro Max hadir dalam empat varian warna yaitu hitam, putih, warna natural (seperti perak), dan warna desert (cokelat muda).

Belum diketahui pasti kapan lini terbaru iPhone tersebut akan tersedia di Indonesia. Namun jika melihat pola distribusi pada tahun-tahun sebelumnya, biasanya iPhone terbaru akan tersedia di Indonesia sekitar dua bulan dari tanggal peluncurannya.

 

Gumanti Awaliyah

Sumber https://www.cnet.com/tech/mobile/iphone-16-pro-and-pro-max-fit-apple-intelligence-into-the-biggest-iphones-ever/

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement