Selasa 17 Sep 2024 07:59 WIB

Pusat Bermain Anak Singapura Kiztopia Buka di Jakarta

Kiztopia di Agora Mall dibuka di lahan seluas 1.500 meter persegi.

Red: Indira Rezkisari
Salah satu sudut bermain di Kiztopia Agora Mall Jakarta.
Foto: dok Republika
Salah satu sudut bermain di Kiztopia Agora Mall Jakarta.

AMEERALIFE.COM,  JAKARTA -- Satu lagi tempat bermain dalam ruangan untuk anak dibuka di Indonesia. Kiztopia, wahana eduatainmen asal Singapura, telah membuka cabang pertamanya di Agora Mall Jakarta Pusat.

Kiztopia dirancang untuk anak-anak usia 2-12 tahun. Area bermainnya di Agora Mall memiliki luas 1.500 meter persegi dengan menyediakan 22 zona bermain yang dikembangkan secara khusus untuk meningkatkan perkembangan motorik, kreativitas, dan sosial.

Baca Juga

“Visi kami adalah membuat Kiztopia mudah diakses oleh keluarga-keluarga di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia," kata Co-Founder dan Chief Development Officer Kiztopia, Tony Ma.

Dalam wawancara dengan Republika, Jumat (13/9/2024), Tony mengatakan membangun Kiztopia dari pengalaman pribadinya sebagai orang tua. Ia menyadari pentingnya ada playground yang bisa mengganbungkan elemen bermain dan belajar. "Learn to play dan play to learn adalah moto kami," katanya.

Karena itu di tiap tempat bermain di Kiztopia diletakkan papan informasi mengenai tujuan bermain di zona tersebut. Tujuannya supaya orang tua bisa memahami manfaat dari bermain di tempat itu bagi perkembangan anak. Misalnya di Baby's Delivery Mart Active Zone, tujuan pembelajaran dari bermain di sana adalah salah satunya melatih keterampilan motorik halus dan koordinasi tangan-mata.

Tony Ma berharap bermain bersama anak dan orang tua bisa menciptakan hubungan yang baik serta bonding yang erat. Ia memberi contoh dirinya sebagai pekerja penuh waktu, sama seperti istrinya, yang kadang pulang sudah lelah akibat stres dengan pekerjaan.

"Lalu tidak sengaja itu saya tumpahkan ke anak, padahal di rumah kami masih harus mengurus anak, membantu PR-nya. Semua itu bisa menimbulkan stres. Menyebabkan anak merasa stres juga," kata dia.

Membawa anak ke tempat main, bisa membawanya ke zona bebas stres dan bermain bersama. "Ini menurut saya penting. Sekaligus menghasilkan memori jangka panjang, membantu meningkatkan kepercayaan dirinya. Sekaligus membangun hubungan sehat dan kuat sebagai keluarga," ujar Tony.

Zona bermain Kiztopia dipandu oleh delapan karakter unik yang sudah dipatenkan. Setiap zona dirancang dengan tujuan pembelajaran spesifik yang mengintegrasikan berbagai jenis kecerdasan.

Misalnya, Zona Tiger Mojo, sebagai daya tarik utama di Kiztopia Agora, menggabungkan Body Smart dan Spatial Smart untuk mendukung perkembangan fisik anak-anak. Area dua tingkat ini menyuguhkan berbagai jenis permainan menarik, seperti Volcano Slide, kolam bola raksasa, lintasan rintangan, dan arena balap, yang mendorong anak-anak untuk bergerak, mengembangkan keseimbangan, serta mengasah kesadaran spasial.

Sebagai pelengkap, anak-anak juga dapat melakukan kegiatan role-play di beberapa area dan aktivitas lainnya, seperti seni dan kerajinan. Dalam kegiatan-kegiatan ini, anak-anak akan bersosialisasi sambil mengasah kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah.

Setiap tiket masuk sudah berlaku untuk satu anak dan satu orang dewasa sebagai pendamping. Hal ini bertujuan untuk mendorong para orang tua agar terlibat dalam waktu bermain yang berkualitas bersama anak-anak mereka, memperkuat ikatan keluarga, meningkatkan kepercayaan diri anak-anak, serta menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Tiket masuk Kiztopia dimulai dari Rp 100 ribu per jam per anak dan pendamping untuk hari kerja. Dan mulai dari Rp 150 ribu per jam di akhir pekan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement