Selasa 17 Sep 2024 23:31 WIB

Film Misteri-Horor Tebusan Dosa Rilis Trailer Penuh Teka-Teki

Film Tebusan Dosa dibintangi Happy Salma, Putri Marino, dan Bhisma Mulia.

Red: Qommarria Rostanti
Poster film Tebusan Dosa.
Foto: Dok. Palari Films
Poster film Tebusan Dosa.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA --Rumah produksi Palari Films akan menayangkan film misteri-horor, Tebusan Dosa. Film ini merupakan kolaborasi Palari Films dengan sutradara Yosep Anggi Noen yang bekerja sama dengan Legacy Pictures serta Showbox, studio asal Korea Selatan yang memproduseri film box office Exhuma. Dibintangi oleh Happy Salma, Putri Marino, dan Bhisma Mulia. Menyambut perilisan filmnya di bioskop pada 17 Oktober 2024, Palari Films merilis official poster dan trailer dari film Tebusan Dosa melalui akun media sosial resmi @palarifilms.

Pada official poster yang dirilis, kelima karakter yang terdiri atas Wening (Happy Salma), Tirta (Putri Marino), Tetsuya (Shogen), Nirmala, serta Uti Yah diperlihatkan secara jelas melalui refleksi aliran sungai yang menjadi tempat hilangnya Nirmala. Kemudian di tengah poster terdapat origami burung bangau yang melambangkan harapan Wening bertemu lagi dengan Nirmala, anak perempuannya.

Baca Juga

Film Tebusan Dosa mengikuti kisah Wening, seorang ibu yang mengalami kejadian tragis ketika Nirmala, anaknya yang berusia 11 tahun, hilang dalam kecelakaan motor di sebuah jembatan. Kecelakaan itu juga merenggut nyawa Uti Yah, ibunda Wening. Wening merasa sangat berdosa karena membuat ibunya meninggal dan anaknya hanyut di sungai, tapi dia percaya Nirmala masih hidup.

Tirta, seorang perempuan kreator podcast misteri, berminat memviralkan tragisnya kehidupan Wening, namun bantuannya malah membuat Tirta menyibak rahasia gelap masa lalu Wening yang mengakibatkan hilangnya Nirmala. Dengan segala upaya dan penuh harapan, Wening mencari Nirmala, termasuk meminta bantuan Tetsuya, peneliti dari Jepang. Wening juga meminta bantuan Mbah Gowa, seorang dukun misterius. Namun, di tengah pencarian, Wening selalu didatangi oleh hantu Uti Yah. Akankah Wening bersatu lagi dengan Nirmala?

Produser film misteri-horor Tebusan Dosa Muhammad Zaidy menyampaikan, “Sebagai pencinta film bergenre misteri dan horor, saya sangat antusias rasanya akhirnya bisa berkesempatan membuat film bergenre seperti ini, dan juga berkolaborasi untuk pertama kalinya bersama Anggi Noen. Kisah seorang ibu yang akan melakukan berbagai cara demi bersatu kembali dengan anaknya yang hilang. Saya rasa itu yang bisa membuat penonton tergugah. Misteri horor yang kuat dibalut dengan drama yang mengharukan.”

Film misteri-horor Tebusan Dosa disutradarai oleh Yosep Anggi Noen yang sebelumnya dikenal lewat film Istirahatlah Kata-Kata dan 24 Jam Bersama Gaspar yang berhasil mengantarkannya meraih nominasi sebagai Sutradara Terbaik di ajang Festival Film Indonesia. Film ini juga sekaligus menjadi film bergenre misteri-horor pertama yang digarap oleh sutradara asal Yogyakarta tersebut.

Meski film misteri-horor Tebusan Dosa adalah film horor pertamanya, namun Yosep Anggi Noen menjelaskan filmnya akan menyajikan sesuatu yang berbeda. Tidak hanya mengandalkan kengerian, Tebusan Dosa juga membawa cerita yang segar berpadu dengan estetika sinematik yang memanjakan mata.

“Saat memulai proyek misteri-horor ini, saya merasa bebas dan punya ruang luas untuk mengeksplorasi genre yang paling populer di dunia ini. Kebebasan itu saya manfaatkan untuk menghadirkan ketakutan dan kengerian yang berbeda. Misteri horor ini dibalut dengan drama hubungan ibu anak yang dekat dengan keseharian kita semua” katq sutradara Tebusan Dosa Yosep Anggi Noen dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id pada Selasa (17/9/2024).

Selain menjadi film misteri-horor pertama yang disutradarai oleh Yosep Anggi Noen, Tebusan Dosa juga sekaligus menandai pertama kalinya Putri Marino berperan dalam film bergenre misteri-horor. Ia menjelaskan, “Sebagai seorang aktris, aku merasa perlu mengeksplorasi berbagai macam genre supaya enggak stuck di satu genre tertentu. Sebab kalau hanya berkutat di satu genre tertentu, aku jadi enggak bisa menguji sampai sejauh mana kemampuanku dalam memerankan suatu karakter. Setelah dijalani, terasa menenangkan juga karena sutradaranya Mas Anggi. Kalau bukan Mas Anggi mungkin enggak akan senyaman ini bermain bersama pemeran lain,” ungkap pemeran Tirta, Putri Marino.

Happy Salma yang menjadi pemeran utama mengaku tertarik bermain di film Tebusan Dosa karena peran Wening yang diberikan kepadanya. “Wening adalah karakter perempuan yang sangat sulit untuk dimainkan. Dia tidak memiliki sinar mata berbinar-binar. Sepanjang film, saya melakukan meditasi. Anggi selalu menjaga bukan saja intensitas tapi juga fokus untuk tidak keluar dari peran tersebut," kata dia.

Selain mereka berdua, film Tebusan Dosa turut dibintangi oleh Bhisma Mulia, Keiko Ananta, Laksmi Notokusumo, Haru Sandra, hingga aktor asal Jepang, Shogen. Film misteri-horor Tebusan Dosa menjadi film ketujuh Palari Films sekaligus proyek panjang ke-8 di tahun ke-delapan Palari Films berlayar di industri.

Sebelumnya, Palari Films telah memproduksi banyak karya-karya fenomenal yang berhasil meraih berbagai macam penghargaan bergengsi di ajang festival film internasional.

Film Tebusan Dosa tayang di bioskop mulai 17 Oktober 2024. Ikuti terus perkembangan terbaru tentang film misteri-horor perdana persembahan Palari Films, Tebusan Dosa, melalui akun Instagram resmi @palarifilms.

Tentang Palari Films

Palari Films adalah perusahaan produksi film yang didirikan pada tahun 2016 di Jakarta, dipimpin oleh produser Meiske Taurisia dan Muhammad Zaidy.

Palari Films menandai terobosan baru dalam perfilman Indonesia dengan memenangkan penghargaan tertinggi di Festival Film Locarno ke-74 dengan film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Film ini membawa pulang Golden Leopard, penghargaan utama dalam kategori kompetisi internasional (Concorso Internazionale).

Beberapa film yang pernah diproduksi Palari Films adalah Dear David (2023), omnibus Piknik Pesona (2022), Ali & Ratu-Ratu Queens (2021), Aruna & Lidahnya (2018), Posesif (2017), dan terbaru Kabut Berduri yang menjadi film Netflix Original Indonesia dan berhasil menduduki peringkat 2 dalam Daftar Global Netflix Top 10 Film Non-English pada periode dua pekan tayang. Palari Films berusaha untuk selalu menghasilkan karya-karya yang unik dan berkualitas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement