Senin 07 Oct 2024 15:16 WIB

Serial 'Gadis Kretek' Raih Penghargaan dalam Ajang ACA dan Global OTT Awards di Busan

Sutradara 'Gadis Kretek' Kamila Andini memenangkan penghargaan Sutradara Terbaik.

Red: Qommarria Rostanti
Dari kiri ke kanan: Kamila Andini, Ifa Isfansyah, Dian Sastrowardoyo, dan Arya Saloka   di ACA & Global OTT Awards 2024 pada Ahad (6/10/2024).
Foto: Dok. ACA GOTT Awards
Dari kiri ke kanan: Kamila Andini, Ifa Isfansyah, Dian Sastrowardoyo, dan Arya Saloka di ACA & Global OTT Awards 2024 pada Ahad (6/10/2024).

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Industri perfilman Indonesia kembali mencatatkan prestasi membanggakan di kancah internasional. Serial Netflix Original "Gadis Kretek" berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Asia Contents Awards (ACA) & Global OTT Awards dalam Busan International Film Festival (BIFF) 2024.

Prestasi tersebut membuktikan bahwa karya anak bangsa mampu bersaing di level global dan mendapatkan pengakuan dari para ahli di industri perfilman dunia. Dalam acara yang diselenggarakan pada Ahad (6/10/2024) Oktober ini, Kamila Andini dan Ifa Isfansyah sebagai sutradara serial tersebut meraih penghargaan Sutradara Terbaik. Sebelumnya, "Gadis Kretek" juga dinobatkan sebagai miniseri terbaik dalam Seoul International Drama Awards pada 25 September 2024. Kala itu, Dian Sastrowardoyo juga mendapat nominasi Aktris Terbaik dalam ajang ini.

Baca Juga

“Saya dan Ifa memulai perjalanan kami sebagai pembuat film di Festival Film International Busan. Maka menerima penghargaan ini di Busan terasa sangat istimewa,” ujar Kamila dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id pada Senin (7/10/2024).

Dia berharap penghargaan tersebut dapat menjadi awal bukan saja diakuinya industri kreatif Indonesia, tetapi juga karya-karya kreatif dari Asia Tenggara. "Saya harap akan ada lebih banyak lagi cerita-cerita lokal dari wilayah kami yang dibuat bagi penonton global. Dan saya harap momen ini dapat membuka begitu banyak pintu kesempatan bagi para kreator di masa depan, terutama sutradara, untuk bisa lebih banyak menciptakan karya,” ujar Kamila dan Ifa.

"Gadis Kretek" mendapatkan empat nominasi dalam ACA & Global OTT Awards, yakni dalam kategori Sutradara Terbaik, Kreatif Terbaik, Aktris Terbaik (Dian Sastrowardoyo), dan Aktor Pendukung Terbaik (Arya Saloka). Diangkat dari novel karya Ratih Kumala, "Gadis Kretek" yang pertama kali tayang pada 2 November 2023 mengangkat cerita tentang seorang perempuan yang berdaya bernama Dasiyah (Dian Sastrowardoyo) serta cerita cintanya yang indah dengan Soeraja (Ario Bayu), berlatar belakang industri kretek dan peristiwa sejarah Indonesia pada 1960-an.

"Gadis Kretek" turut dibintangi Tissa Biani, Sha Ine Febriyanti, Winky Wiryawan, Sheila Dara, Ibnu Jamil, Rukman Rosadi, Verdi Solaiman, Nungki Kusumastuti, Dimas Aditya, Pritt Timothy, dan Tutie Kirana. Serial ini diproduksi oleh BASE Entertainment bersama showrunner Shanty Harmayn dan Tanya Yuson. Ratih Kumala dan Tanya Yuson juga bertindak sebagai penulis naskah bersama Kanya K Priyanti and Ambaridzki Ramadhantyo.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement