Senin 14 Oct 2024 17:10 WIB

Usia 40 dan Mau Diet? Hindari Beberapa Kesalahan Ini Agar Hasilnya Maksimal

Setelah usia 40 tahun, kadar hormon estrogen menurun.

Red: Qommarria Rostanti
Diet (ilustrasi). Terdapat beberapa kebiasaan diet yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat berusia 40 tahun.
Foto: Republika
Diet (ilustrasi). Terdapat beberapa kebiasaan diet yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat berusia 40 tahun.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Menginjak usia 40-an, tubuh mengalami perubahan metabolisme yang cukup signifikan. Oleh karena itu, penting untuk menyesuaikan pola makan agar tetap sehat dan bugar.

Berikut adalah beberapa kebiasaan diet yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat berusia 40 tahun dilansir laman Best Life pada Senin (14/10/2024):

Baca Juga

1. Tidak cukup protein

Mengonsumsi protein berkualitas baik dinilai sangat penting untuk usia di atas 40. "Mengonsumsi lebih banyak protein benar-benar mengubah permainan bagi klien kami," kata pelatih selebritas Claire Davis kepada majalah Red.

Dia menyarankan orang-orang berusia di atas 40 tahun mengonsumsi protein berkualitas baik seperti ikan putih, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Protein memicu leptin dan telah terbukti menciptakan penurunan signifikan dalam jumlah kalori yang dikonsumsi sepanjang hari dan karenanya mengurangi lemak perut.

2. Tidak cukup mengonsumsi serat

Serat penting untuk rasa kenyang dan menjaga lemak perut. "Setelah usia 40, kadar hormon Anda (estrogen) turun," menurut Family Doctor.

Hal itu menyebabkan insulin (hormon yang membantu tubuh Anda menggunakan gula) meningkat. Kadar tiroid Anda turun. Kombinasi ini membuat Anda lebih lapar. Anda akhirnya makan lebih banyak dan membakar lebih sedikit kalori.

Sebagian besar kenaikan berat badan terjadi di sekitar perut. Makan lebih banyak makanan berserat (beri, biji-bijian utuh, kacang-kacangan) untuk mengenyangkan dan membantu Anda makan lebih sedikit. Targetkan 25 gram serat setiap hari setelah usia 40 tahun.

3. Terlalu banyak gula

Terlalu banyak gula tidak baik untuk usia berapa pun, tetapi sangat bermasalah pada usia 40-an. "Seiring bertambahnya usia, kita menjadi lebih resistan terhadap insulin, yang berarti kita tidak dapat memproses gula dalam darah kita secara efektif," kata Davis.

Dia menyebut, ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak gula, insulin akan melonjak dan kemudian merosot kembali, membuat Anda berada dalam siklus naik turun yang menyiksa tanpa akhir di mana Anda akan menginginkan lebih banyak gula. Gula berlebih dikaitkan dengan lemak perut, depresi, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan banyak penyakit yang mengancam jiwa.

4. Tidak cukup mengonsumsi makanan utuh

Mengonsumsi makanan yang kaya akan makanan utuh, buah-buahan, dan sayuran penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan penuaan yang sehat. “Wanita membutuhkan protein (daging, ikan, susu, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan), karbohidrat (biji-bijian utuh), lemak (minyak sehat), vitamin, mineral, dan air,” kata Family Doctor. Makanan ini telah dikaitkan dengan beberapa pencegahan penyakit, seperti osteoporosis, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan kanker tertentu.

5. Diet kilat

Diet kilat buruk bagi kesehatan dan massa otot ramping. "Salah satu kesalahan gizi terbesar yang saya lihat adalah wanita yang menjalani diet sangat rendah kalori," kata Courtney Delpra, ahli diet di Cleveland Clinic, kepada HuffPost.

"Ketika kadar estrogen Anda mulai menurun, seperti yang terjadi pada pertengahan usia 40-an, hal ini juga akan mengurangi massa otot. Jika Anda merespons dengan melewatkan makan, hal itu dapat berdampak negatif," ujarnya lagi.

6. Makan karbohidrat larut malam

Makan karbohidrat larut malam dapat memengaruhi tidur yang penting untuk kesehatan. "Ini berita buruk karena beberapa alasan," kata Davis.

Dia menjelaskan, karbohidrat adalah sumber energi utama. Karbohidrat itu baik, tetapi karbohidrat harus menjadi sumber energi utama pada siang hari seperti untuk sarapan dan makan siang.

"Jika Anda memakannya larut malam, energi tidak akan terpakai dan ini kemungkinan besar akan disimpan sebagai lemak. Makan sangat larut berarti Anda memiliki peluang lebih kecil untuk menghabiskan karbohidrat. Terlebih lagi jika Anda makan larut malam, suhu tubuh akan naik sebelum tidur saat mencerna makanan. Ini kemungkinan besar akan mengganggu tidur Anda," jelasnya lagi.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement