Selasa 15 Oct 2024 09:38 WIB

Benarkah Paparan BPA Bisa Ganggu Kesuburan? Ini Kata Dokter

Menurut dokter, yang terbukti bisa memicu infertilitas adalah rokok dan alkohol.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Seorang pria mengangkat galon (ilustrasi). Paparan BPA dikatkan dengan berbagai masalah kesehatan, salah satunya infertilitas.
Foto:

Lantas bagaimana kaitan BPA dengan infertilitas pada laki-laki? Menurut dr Ervan, secara in vivo (penelitian pada hewan lab) memang berkaitan, akan tetapi pada manusia tidak ditemukan keterkaitannya.

"Hubungan antara BPA dengan mikropenis pun belum belum saya temukan. Mikropenis itu penyebabnya banyak. Bisa kongenital, atau gangguan perkembangan organ seksual pada janin. Jangan jadikan satu hal sebagai kambing hitamnya, kita harus lihat berbagai kemungkinan,” kata dr Ervan.

Dia menjelaskan infertilitas bisa dialami oleh perempuan maupun laki-laki. Pada perempuan, masalahnya bisa terletak pada organ genitalia, dan bisa juga secara sistemik misalnya kondisi hormon yang tidak seimbang. Infertilitas sendiri diartikan sebagai tidak terjadinya kehamilan setelah satu tahun menikah, dengan hubungan seksual rutin 2-3 kali seminggu, dan tanpa kontrasepsi.

“Pada perempuan, penyebab infertilitas 40 persen gangguan pada tuba fallopi dan panggul, 40 persen lagi disfungsi ovulasi, dan 10 persen yang tidak biasa misalnya autoimun,” ungkap dr Ervan.

Pada laki-laki, infertilitas berhubungan dengan gangguan sperma. Kualitas dan kuantitas sperma bisa terganggu karena pelebaran pembuluh darah atau varises pada testis (varikokel). Bisa pula karena ada gangguan pada pabrik sperma, dan disfungsi seksual.

Ia menegaskan, yang telah terbukti bisa memicu infertilitas adalah rokok dan alkohol. “Kausalitas antara rokok dan infertilitas sudah jelas, tapi banyak yang tetap merokok. Sedangkan pada BPA yang belum pasti, kita malah ketakutan,” kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement