Rabu 16 Oct 2024 16:29 WIB

Mengapa Film The Raid 3 tak Kunjung Dibuat?

Film The Raid Iko Uwais dinilai sangat sukses di mata kritikus dan penonton.

Red: Qommarria Rostanti
Aktor asal Indonesia, Iko Uwais, saat berakting di film The Raid.
Foto: Merantau Films
Aktor asal Indonesia, Iko Uwais, saat berakting di film The Raid.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Mungkin muncul pertanyaan di benak pencinta film mengenai kapan The Raid 3 akan dibuat, meskipun sudah 13 tahun sejak The Raid: Redemption dirilis. Film Raid garapan Gareth Evans, yang memperkenalkan seni bela diri pencak silat Indonesia kepada dunia, merupakan salah satu film laga paling berpengaruh pada 2010-an.

Film-film tersebut dinilai sangat sukses di mata kritikus dan penonton sehingga tidak hanya menjadi film klasik yang digemari banyak orang, tetapi juga menjadikan pemeran utama dalam waralaba tersebut, Iko Uwais, sebagai bintang yang kemudian membintangi film-film terkenal seperti The Expendables.

Baca Juga

Selama bertahun-tahun sejak The Raid 2 dirilis, telah ada pembicaraan tentang kemungkinan sekuelnya, tetapi sejauh ini, belum ada hasil. Pada 2022, diumumkan bahwa The Raid akan dibuat ulang dengan Michael Bay dan Patrick Hughes sebagai sutradara (melalui laman Deadline). Meskipun beberapa penonton lebih suka film ketiga dari Evans, tampaknya pembuatan ulang The Raid akan terus berlanjut. Namun, terlepas dari arah baru waralaba ini, kurangnya perkembangan pada The Raid 3, bagi banyak orang, merupakan tanda yang mengkhawatirkan bagi masa depan waralaba tersebut.

Dilansir laman Screenrant pada Rabu (16/10/2024), sekuel The Raid 2, The Raid 3, seharusnya dibuat tetapi tidak lagi menjadi kemungkinan. Gareth Evans, sutradara film The Raid, telah berencana untuk menambahkan film ketiga ke dalam waralaba tersebut.

Pembuat film tersebut bahkan memiliki ide tentang seperti apa film ketiga. Sebelum ia dapat mewujudkan idenya, Evans ingin beristirahat selama dua hingga tiga tahun dari pembuatan film seni bela diri sehingga ia dapat fokus pada proyek-proyek lainnya. "Saya tidak akan mengerjakan The Raid 3 selama beberapa tahun dari sekarang," kata Evans pada 2014 (melalui laman Metro).

Evans kemudian berubah pikiran dan mengumumkan bahwa ia tidak akan membuat The Raid 3. Setelah Evans pindah kembali ke Inggris, pembuat film tersebut memutuskan bahwa ia akan menutup bab tentang waralaba The Raid. The Raid 2 memiliki akhir yang memuaskan dan meskipun minat untuk menambahkan film lain ke waralaba tersebut masih ada, Evans kemungkinan tidak akan menjadi bagian darinya jika itu benar-benar terjadi.

"Jadi jangan pernah berkata tidak, tetapi itu tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat," kata Evans (dikutip dari Impact Online), yang mengonfirmasi jaraknya dari proyek tersebut.

Meskipun The Raid 2 berakhir dengan baik, masih ada ruang untuk alur cerita yang menarik untuk The Raid 3. Saat berbicara di Empire Spoiler Special Podcast, Evans mengungkapkan plot untuk The Raid 3. Dia merasa bahwa cerita Rama sudah lengkap, jadi dia tidak akan menempatkan pemeran utama dalam garis tembak lagi, mengingat dia memiliki istri dan anak. Sebaliknya, film tersebut akan kembali ke masa lalu dan berfokus pada keluarga kriminal Goto, dengan Rama diharapkan untuk mengambil peran kecil dalam The Raid 3.

The Raid 3 seharusnya memiliki lompatan waktu dan kembali ke momen pertemuan antara geng Goto dan geng Jepang ketika Goto memerintahkan tangan kanannya untuk membunuh setiap polisi dan politisi korup di kota tersebut. Alih-alih melakukan apa yang diperintahkan, tangan kanannya akan pergi ke belakang Goto dan melaporkannya kepada bos mereka yang berasal dari Jepang, yang kemudian memerintahkan untuk membunuh Goto.

Evans juga mengungkapkan bahwa putra Goto akan terbunuh dalam perang, dan mereka akan menemukan bahwa tangan kanan Goto-lah yang mengkhianati mereka. Namun, Goto selamat dari serangan tersebut dan bersembunyi di hutan Indonesia. Dia akan bergabung dengan bos mafia, yang menawarkan perlindungan kepada Goto. Perang habis-habisan antara regu pembunuh Jepang dan anak-anak gerilya akan terjadi. Evans juga mengungkapkan bahwa putra Goto akan terbunuh dalam perang, dan mereka akan menemukan bahwa tangan kanan Goto yang mengkhianati mereka.

Meskipun film-film The Raid sukses dan menjadi film laga klasik, sutradara film tersebut tidak tertarik untuk membuat film Raid lainnya. Ketika berbicara di Empire Spoiler Special Podcast, Evans menjelaskan mengapa The Raid 3 tidak akan terjadi.

"Saya tidak dapat melihat diri saya kembali untuk membuat The Raid 3. Minat saya telah beralih ke proyek-proyek lain," kata Evans.

Sutradara tersebut menjelaskan bahwa ia ingin bekerja dengan orang lain dan mencoba cerita-cerita baru, yang menggarisbawahi tekadnya untuk mengejar usaha-usaha kreatif lainnya. Evans juga menyatakan bahwa sudah lama sekali sejak The Raid 2, jadi sepertinya ia tidak akan kembali ke waralaba tersebut, meskipun ia menikmati pembuatan film-film tersebut (melalui Slashfilm).

Sejak saat itu, ia telah mengerjakan film dan acara lainnya, termasuk film horor Netflix, Apostle; serial kriminal Inggris yang populer, "Gangs of London", dan film pendek Pre Vis Action. Mengingat berbagai proyek ini, wajar saja jika Evans sibuk sejak meninggalkan The Raid 3.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement