Kamis 17 Oct 2024 10:35 WIB

Lagu 'Kapan' RAN Terinspirasi dari Pengalaman Nino yang Sering Ditanya Kapan Nikah

RAN merilis album baru berjudul Teater Nestapa yang terdiri atas 11 lagu.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
RAN merilis album studio keenamnya bertajuk Teater Nestapa. Salah satu lagu berjudul Kapan terinspirasi dari kehidupan Nina yang sering ditanya kapan nikah.
Foto: Dok Republika/Gumanti Awaliyah
RAN merilis album studio keenamnya bertajuk Teater Nestapa. Salah satu lagu berjudul Kapan terinspirasi dari kehidupan Nina yang sering ditanya kapan nikah.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA – Lagu “Kapan” yang ada di album terbaru RAN Teater Nestapa ternyata terinspirasi dari pengalaman hidup Nino Kayam, salah satu personel mereka. Nino mengatakan lagu tersebut ditulis saat dia masih melajang dan sering mendapatkan pertanyaan kapan menikah.

“Pada waktu itu, yang satu-satunya belom menikah emang gue. Jadi pas saat itu gue serng ditanyain kapan nikah, kapan nikah, gitu,” kata Nino dalam konferensi pers menuju perilisan album Teater Nestapa di CGV FX Sudirman, Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Baca Juga

Nino menceritakan ketika lagu tersebut ditulis dia tidak memiliki rencana untuk menikah dalam waktu dekat. Karena itulah, dia pun menulis lagu ini sebagai respons atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

“Tadinya enggak ada proyeksi di kepala, gue nikah dalam waktu dekat. Jadi ya udah ditulis aja buat orang ngata-ngatain gue pake lagu itu pas lagunya rilis,” kata Nino.

Tidak disangka, setelah lagu itu selesai diproduksi, Nino bertemu dengan jodohnya dan melepas masa lajang dengan menikahi Dhabitannisa Auni. Pernikahan tersebut digelar secara intim di Jakarta pada 20 September 2024.

“Tapi Alhamdulilah ya teman-teman, jodohnya datang sebelum lagunya rilis,” ujar Nino.

Album Teater Nestapa terdiri atas 11 track yaitu “Datang Juga”, “Hey Tunggu Dulu”, “Kapan?”, “Ke mana?”, “Masih Takut Mencinta”, “Memori”, “Mengapa Kita Bersama”, “Pemain Cadangan”, “Rahasia #1”, “Rahasia #2”, dan “Tembus Pandang”. Album ini mengeksplorasi perasaan kedukaan atau nestapa, menawarkan sesuatu yang baru dibandingkan album sebelumnya.

Seperti judulnya, album ini juga menawarkan pengalaman sinematik, di mana musik videonya dikemas seperti film pendek dengan genre berbeda. Musik video “Rahasia #1” dan “Rahasia#2” misalnya, dikemas dengan genre drama yang menampilkan Morgan Oey sebagai salah satu pemerannya. Sementara itu, musik video untuk track “Hey Tunggu Dulu” dibuat layaknya film action. Untuk proyek musik videonya, RAN juga menggaet aktor kenamaan Reza Rahadian.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement