Selasa 17 Sep 2024 12:54 WIB

Tak Semua iPhone Bisa Unduh iOS 18, Cuma Seri Ini yang Bisa

Perangkat iOS terbaru telah dirilis oleh Apple.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Tampilan model iPhone 16. Apple merilis iOs 18.
Foto: Dok. EPA-EFE/PETER DASILVA
Tampilan model iPhone 16. Apple merilis iOs 18.

REPBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pertengahan September menjadi momen penting bagi pengguna Apple karena setiap tahun pada waktu ini, pembaruan iOS terbaru dirilis. Kali ini, iOS 18 resmi tersedia untuk diunduh oleh para pengguna.

Apple pertama kali memperkenalkan iOS 18 acara World Wide Developers Conference (WWDF) pada Juni. Pembaruan besar ini membawa berbagai fitur canggih dan perubahan pada layanan teks. Apple juga menyebut bahwa iOS 18 menawarkan opsi kustomisasi yang lebih luas, melanjutkan yang sebelumnya diperkenalkan pada iOS 17.

Baca Juga

Namun demikian, tidak semua pengguna iPhone dapat menikmati fitur iOS 18, terutama model yang memiliki iPhone model lama. Seperti yang sudah menjadi kebiasaan Apple, iPhone yang dianggap terlalu tua tidak akan mendapatkan pembaruan ini.

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah iPhone Anda bisa mendapatkan iOS 18 adalah dengan melihat apakah perangkat Anda sudah mendukung iOS 17 tahun lalu. Jika bisa mengunduh iOS 17, maka iPhone Anda kemungkinan besar juga bisa mendapatkan iOS 18. Dilansir laman The Hill berikut deretan perangkat yang kompatibel dengan iOS 18:

1. iPhone 15 series: iPhone 15, 15 Plus, 15 Pro, 15 Pro Max

2. iPhone 14 series: iPhone 14, 14 Plus, 14 Pro, 14 Pro Max

3. iPhone 13 series: iPhone 13, 13 Mini, 13 Pro, 13 Pro Max

4. iPhone 12 series: iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max

5. iPhone 11 series: iPhone 11, 11 Pro, 11 Pro Max

6. iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

7. iPhone SE (generasi ke-2 atau yang lebih baru).

Itu artinya semua model iPhone 8 dan yang lebih lama tidak akan bisa mendapatkan iOS 18. Namun, tidak semua perangkat yang mendukung iOS 18 akan dapat menikmati seluruh fitur barunya. Apple menyebutkan bahwa fitur canggih Apple Intelligence hanya akan tersedia pada seri iPhone 16, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Seperti pembaruan lainnya, pengguna yang ingin update ke iOS 18 hanya perlu membuka Pengaturan (Settings), pilih Umum (Generals), dan pilih Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update). Mungkin Anda harus mendapatkan iOS 17.7, sebelum akhirnya bisa mengunduh iOS 18.

Saat proses pengunduhan, pengguna akan diminta untuk memilih apakah ingin mengunduh pembaruan langsung atau menjadwalkannya pada malam hari, serta menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Selain itu, pengguna juga mungkin perlu menyediakan ruang penyimpanan yang cukup. Pembaruan besar seperti iOS 18 biasanya membutuhkan beberapa gigabyte ruang kosong di perangkat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement