Jumat 02 Jun 2023 00:42 WIB

Selain Buah, Apa yang Aman Dibawa Ketika Menjenguk Orang Sakit?

Pasien dengan penyakit tertentu tidak dibolehkan makan makanan bawaan pengunjung.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang anak dirawat di rumah sakit akibat demam berdarah dangue (DBD). Cari bawaan yang aman ketika akan menjenguk keluarga di rumah sakit.
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Seorang anak dirawat di rumah sakit akibat demam berdarah dangue (DBD). Cari bawaan yang aman ketika akan menjenguk keluarga di rumah sakit.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Terkadang, tak mudah untuk menentukan apa yang harus dibawa ketika seorang teman atau anggota keluarga dirawat di rumah sakit. Biasanya, dokter memang memberi tahu pantangan makanan bagi pasien, namun hal ini belum tentu diketahui oleh penjenguk.

"Agak susah ya. Karena nggak semua orang paham sakit apa, boleh makan apa," ungkap salah seorang tenaga medis yang kini bekerja di RS Sentra Medika Cibinong, Primadita Tiaraputri Yunasz, saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga

Selain itu, agak sulit juga untuk menghubungi kerabat pasien sebelum menjenguk karena kebanyakan dari mereka tidak terlalu memperhatikan apa yang dijelaskan dokter. Tapi semenjak bekerja di rumah sakit, Tiara lebih sering membawa makanan untuk yang menjaga alih-alih untuk orang yang sakit.

"Kalau mau lebih berusaha, nggak apa-apa tanya. Tapi kadang si penunggu suka nggak ngeh apa yang dibilang dokter. Kalau aku lebih suka bawain buat yang jaga. Jadi biasanya aku tanya sudah makan belum," kata Tiara.

Tiara memaparkan, ada beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh pasien dengan penyakit tertentu. Misalnya, pasien typhoid tidak boleh menyantap makanan yang asam dan buah pisang. Lalu, pasien gagal ginjal tidak boleh makan buah pisang dan pir, sementara buah lainnya tergantung dari arahan dokter.

"Aku pernah pengalaman dirawat lama ya. Pakaian dalam sekali ganti itu juga berguna lho," ungkap Tiara memberi saran hampers yang dapat dibawa untuk menjenguk kerabat yang sedang sakit.

Dilansir Group Together Australia, berikut adalah beberapa saran bermanfaat untuk mengunjungi kerabat yang sedang sakit:

- Jangan bawa hampers untuk pasien ICU

Tunggu sampai mereka merasa lebih baik dan berada di kamar biasa untuk membawakan hadiah Anda.

- Kartu berisi doa dari seluruh teman

Tidak ada yang membawa keceriaan lebih dari kata-kata cinta dari teman dan keluarga. Ajak semua orang menandatangani sebuah kartu serta mengisi doa mereka.

- Beri tanaman daripada bunga

Bunga mengambil ruang terbatas di dalam ruangan. Bunya layu perlahan setiap harinya dan sulit untuk dibawa pulang. Sebaiknya, tunda dulu mengirimkannya dan pilih tanaman saja untuk merayakan kepulangan teman.

- Langganan Netflix atau kuota

Hadiah yang membantu melawan kebosanan tetapi tidak membebani otak biasanya paling disambut dengan baik. Periksa apakah rumah sakit memiliki akses WiFi. Jika tidak, bisa memberikan hadiah langganan Netflix selama setahun atau kuota internet.

- Majalah dan pelembap

Isi hampers dengan majalah, novel, buku inspirasional, body lotion, lip balm, kaus kaki lucu (kaki sering kedinginan saat sakit), kartu doa, jurnal, pena warna-warni, dan lainnya. Coba tengok Pinterest untuk mendapatkan inspirasi hampers menarik.

- Makanan (yang diperbolehkan)

Tanyakan tentang makanan yang boleh dimakan. Bawalah hidangan favorit dari restoran, makanan ringan yang mereka idamkan, atau sesuatu buatan sendiri. Pertimbangkan pilihan sehat seperti buah kering atau sekeranjang buah (yang diperbolehkan).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement