Selasa 18 Jul 2023 16:58 WIB

Jumlah Pengguna Aktif Threads Turun Drastis Hanya dalam Waktu 1 Pekan

Pengguna aktif harian Threads turun dari 49 juta jadi 23,6 juta hanya dalam 1 pekan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Pengguna aktif Threads. jumlah pengguna aktif harian di Threads turun dari 49 juta menjadi 23,6 juta hanya dalam sepekan.
Foto: EPA-EFE/CRISTOBAL HERRERA-ULASHK
Pengguna aktif Threads. jumlah pengguna aktif harian di Threads turun dari 49 juta menjadi 23,6 juta hanya dalam sepekan.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Hari terbaik Threads adalah 7 Juli, hanya dua hari setelah peluncuran, tetapi jumlah pengguna aktif harian terus menurun dari sana. Menurut perusahaan analitik data, Similarweb, jumlah pengguna aktif harian di Threads turun dari 49 juta menjadi 23,6 juta hanya dalam sepekan.

Dilansir laman Mashable SE Asia, Selasa (18/7/2023), total menit penggunaan harian—metrik berbeda yang melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna dengan aplikasi—juga turun dari 21 menit pada 7 Juli menjadi lebih dari enam menit pada 14 Juli, klaim Similarweb.

Baca Juga

Threads memiliki lonjakan besar pengguna tak lama setelah diluncurkan, telah mencapai 100 juta pendaftaran pada 10 Juli, menurut situs data Quiver Quantitative (jumlahnya telah meningkat menjadi 114 juta). Salah satu alasan Threads sangat sukses sejak awal adalah betapa mudahnya bagi pengguna Instagram untuk membuat akun. Jumlahnya kemungkinan akan lebih besar lagi jika Threads tersedia di Uni Eropa.

Tapi Threads masih kekurangan banyak fitur dasar yang dimiliki Twitter selama bertahun-tahun, termasuk emoji, tagar, dan umpan kronologis, yang semuanya kemungkinan mempersulit pengguna Twitter untuk beralih.

Kabar baik untuk Threads adalah, menurut Similarweb, retensi pengguna baru Twitter juga turun, meskipun dalam skala waktu yang lebih lama, turun dari 19 persen pada Mei 2022 menjadi 16 persen pada Mei 2023. Sebelumnya, saingan Twitter dari Meta Platforms, Threads, melampaui 100 juta pendaftar dalam waktu lima hari setelah peluncuran. Hal tersebut diumumkan oleh CEO Meta Mark Zuckerberg.

Pencapaian Threads menggeser ChatGPT sebagai platform daring dengan pertumbuhan tercepat. Threads mencetak rekor pertumbuhan pengguna sejak diluncurkan pada Rabu (5/7/2023) dengan selebritas, politisi, dan pembuat berita lainnya bergabung.

“Itu sebagian besar permintaan organik, kami bahkan belum mengaktifkan banyak promosi,” kata Zuckerberg dalam postingan Threads, Selasa (11/7/2023).

Bagi data publik terakhir sebelum Musk mengambil alih, Twitter memiliki hampir 240 juta pengguna aktif harian yang dapat dimonetisasi pada Juli tahun lalu. Menurut Similarweb, lalu lintas web Twitter turun 11 persen dari tahun sebelumnya pada waktu setelah peluncuran Threads. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan empat persen yang turun dari tahun ke tahun pada bulan Juni.

CEO firma infrastruktur internet Cloudflare Matthew Prince membagikan grafik yang menunjukkan lintasan serupa dalam tweet pada akhir pekan lalu. Dia mengatakan lalu lintas Twitter sedang meningkat.

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement