Selasa 01 Aug 2023 22:44 WIB

Tulang Ikan Tertelan Sampai Menusuk Jantungnya, Pria Cina Jalani Operasi

Pria itu memeriksakan diri setelah dua pekan demam.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Ikan mentah (ilustrasi). Dalam insiden yang jarang terjadi, tulang ikan yang tertelan dapat menusuk jantung, seperti yang dialami pria di Cina.
Foto:

Petugas medis mengatakan operasi itu berhasil dan ditindaklanjuti dengan pemberian antibiotik. Kasus pria tersebut pertama kali dilaporkan di European Heart Journal.

Apa itu Staphylococcus aureus dan apa saja gejalanya? Setiap tahun, staph membunuh sekitar 1,1 juta orang, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bakteri yang menyebabkan infeksi staph hidup tanpa membahayakan kulit banyak orang, biasanya di hidung, dan ketiak serta di bokong. Mereka biasanya hanya menyebabkan infeksi jika masuk ke kulit, misalnya melalui gigitan atau luka.

Infeksi biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa perlu antibiotik. Namun, pada beberapa kasus, bakteri staph juga dapat menyebabkan infeksi yang lebih serius, seperti keracunan darah dan sindrom syok toksik. Tanda peringatan penyakit ini adalah benjolan nyeri pada kulit, kulit merah panas, kulit bengkak, luka pada kelopak mata merah.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement