Senin 14 Aug 2023 10:19 WIB

Lisensi Miss Universe Indonesia Dicabut, Begini Nasib Pemenang Kontes Fabienne Nicole

Fabienne Nicole terpilih sebagai Miss Universe Indonesia 2023 pada 3 Agustus lalu.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Miss Universe Indonesia Fabienne Nicole G. Ajang kompetisi ratu kecantikan itu diterpa isu pelecehan seksual terhadap kontestannya.
Foto:

Miss Universe, yang kini memasuki edisi ke-73, terbilang populer di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Filipina, dan Thailand. Para pemenangnya kemudian menjadi selebritas dan influencer media sosial.

Pemiliknya gelaran Miss Universe, Anne Jakrajutatip, merupakan wanita transgender Thailand dan pemilik media yang berusaha untuk mengubah citra mereknya agar lebih "inklusif". Ia mengizinkan kontestannya berasal dari perempuan yang telah menikah, wanita transgender, dan ibu tunggal untuk bersaing.

Sementara itu, Poppy Capella selaku direktur waralaba Indonesia mengatakan di Instagram bahwa dia tidak pernah mengetahui, memerintahkan, meminta, atau membiarkan siapa pun yang berperan dan berpartisipasi dalam proses penyelenggaraan Miss Universe Indonesia 2023 untuk melakukan kekerasan atau pelecehan seksual melalui pemeriksaan tubuh. Dia juga menyebut bahwa dia menentang segala bentuk kekerasan atau pelecehan seksual.

Menurut laman Daily Express, di Indonesia, lisensi Miss Universe Indonesia sebelumnya dimiliki oleh Yayasan Puteri Indonesia (YPI), yang menjalankan kompetisi tersebut selama hampir 30 tahun. Pemilik baru, PT Capella Swastika Karya, diumumkan pada Februari lalu.

PT Capella juga mengambil alih lisensi Miss Universe Malaysia dalam peluncuran resmi serta konferensi pers yang diikuti juga dihadiri oleh Miss Universe 2022 R'Bonney Gabriel. Bersama dengan Miss World, Miss International, dan Miss Earth, Miss Universe adalah salah satu dari empat besar kontes kecantikan internasional.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement